Bantah Pengusiran Haddad Alwi, Ini Penjelasan Panitia Haul di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 16:31 WIB
Haddad Alwi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Sukabumi - Ustaz Hikmat, menjadi saksi saat acara haul yang mengundang penyanyi religi Haddad Alwi pada Senin (16/12/2019) malam lalu. Saat itu ia menjadi pembawa acara dalam haul almarhum Habib Abdullah Bin Zein Alatas.

Kepada detikcom, Hikmat menyebut tidak ada pengusiran atau menurunkan secara paksa dari panggung saat Haddad Alwi akan berselawat. Menurutnya, malam itu ia bahkan mengantar Haddad Alwi turun dari panggung hingga masuk ke dalam mobil.

"Beliau diundang untuk membawakan selawat, sebetulnya bukan diturunkan dari panggung, sebagian (tamu yang hadir) meminta untuk menurunkan tangan saja (saat berselawat), di media sosial kan lagi angkat tangan sebetulnya supaya diturunkan tangan saja," kata Hikmat kepada detikcom di Kampung/Desa Cikurutug, Kecamatan Cireunghas, Jumat (20/12/2019).

Ketika detikcom menanyakan soal anggapan menaikkan dan menurunkan tangan, Hikmat mengaku tidak paham.

"Soal itu lebih baik ngobrol dengan habaib-habaib yang lain yang lebih paham dengan hal itu. Takutnya saya salah menjelaskannya, saya hanya meluruskan saja hanya diminta untuk menurunkan tangan saja bukan diturunkan dari panggung," lanjut Hikmat.

Hikmat kembali menjelaskan saat itu posisi Haddad Alwi memang diminta untuk berselawat, waktunya hanya sekitar 10 menit. "Jawaban Hadad Alwi saat itu yang mau menurunkan tangan silahkan yang mau mengangkat tangan silahkan duduk. Setelah itu dilanjutkan, lalu kata Haddad Alwi saya turun saja," jelasnya.

Saat itu ada beberapa pengisi acara, ada Habib Hasyim sebagai penceramah dan Haddad Alwi untuk mengisi selawat. Jemaah yang hadir dalam haul tersebut mencapai ribuan.

"Beliau (Haddad Alwi) yang mengundang Habib Ali (masih keluarga besar yang mengadakan Haul). Beliau yang lebih tahu," imbuhnya.

Menurutnya di media sosial, disebut Haddad Alwi diturunkan dan diberhentikan bacaan selawatnya. Hikmat juga meluruskan anggapan itu.


"Yang saya dengar klarifikasi dari Habib Basim bukan menghentikan selawat. Kata Habib Hasyim, saya bukan anti selawat saya suka apalagi saya fans Hadad Alwi sejak kecil. Jadi ini yang perlu diluruskan lagi, bukan untuk turun dari panggung tapi diminta menurunkan tangan. Kenapa saya tahu? karena posisi saya di atas (panggung) saat itu," jelasnya menirukan ucapan Habib Hasyim.

Secara pribadi, Hikmat bahkan meminta maaf langsung kepada Haddad Alwi usai acara.

"Saya meminta maaf ke beliau atas ketidaknyamanan. Kata beliau enggak masalah, hal biasa. Beliau saya yang antar, sempat duduk di rumah keluarga haul langsung beliau masuk ke mobil. Saya ngobrol dan meminta maaf lagi, maaf atas kekurangan, maaf atas ketidaknyamanan. Beliau bilang enggak apa apa, enggak ada apa apa," tandasnya.


Tonton juga Video Haddad Alwi Diusir Saat Ceramah di Sukabumi :

[Gambas:Video 20detik]

(sya/ern)