Kemenkum HAM Jabar Bakal Kosongkan Sel Novanto yang Disebut Luas

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 16:00 WIB
(Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat menanggapi soal luas sel milik Setya Novanto di Lapas Sukamiskin yang mendapat sorotan Ombudsman. Sel yang luas itu disebut sudah ada sejak 12 tahun lalu.

"Memang kondisi kamar itu mungkin 10 sampai 12 tahun sudah terjadi seperti itu," ucap Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Jumat (20/12/2019).


Liberti mendampingi Ombudsman saat mengunjungi Lapas Sukamiskin. Dalam kunjungannya ke blok hunian timur, Ombudsman menemukan perbedaan luas sel para narapidana. Sel di lantai bawah yang biasa digunakan napi pidana umum berukuran sempit sedangkan lantai dua yang biasa digunakan untuk napi tipikor berukuran luas.

Ombudsman menemukan sel milik tiga napi tipikor Setya Novanto, Djoko Susilo dan M Nazaruddin memiliki ukuran dua kali lipat. Dua sel bahkan dijadikan menjadi satu.

Renovasi saat ini tengah dilakukan di Lapas Sukamiskin. Namun renovasi tidak termasuk mengembalikan kondisi tiga sel berukuran dua kali lipat ke bentuk semula.


Menurut Liberti, belum diubahnya tiga sel itu ke bentuk semula lantaran terbentur aturan cagar budaya. Sebab, Lapas Sukamiskin termasuk sebagai bangunan cagar budaya.

"Nah jadi menyangkut masih belum disentuhnya kamar itu dari sudut luasannya, kita masih menunggu juga dari cagar budaya yang sampai sekarang masih juga belum menjawab bagaimana kita harus melakukan tindak lanjut," kata dia.


Tonton juga Ombudsman Desak Polri Buka Hasil TPF Demo Ricuh Mei dan September :


Selanjutnya
Halaman
1 2