Mendag Resmikan 13 Daerah Tertib Ukur, Empat Wilayah dari Jabar

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 11:25 WIB
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Menteri Pedagangan Agus Suparmanto meresmikan 13 daerah tertib ukur tahun 2019. Tahun ini, ada empat daerah yang berasal dari Jawa Barat.

Peresmian ini berlangsung di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Jumat (20/12/2019). Peresmian ditandai dengan pemberian penghargaan kepada 13 kepala daerah tersebut.

13 daerah yang diresmikan tertib ukur ini adalah Samarinda, Pariaman, Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Hulu Sungai Selatan, Tangerang, Serdang Nedagai, Kendari, Rembang, Pasuruan, Buru Selatan, Kota Bandung.

"Dengan tambahan 13 daerah tahun ini, maka total daerah tertib ukur di Indonesia saat 54 dari 514 kabupaten kota di Indonesia," kata Agus usai peresmian.

Selain meresmikan daerah tertib ukur, Mendag juga meresmikan 390 pasar tertib ukur di tahun ini. Saat ini terhitung ada 1.621 pasar tertib ukur dari 16 ribu pasar di Indonesia.

Ia menuturkan program daerah dan pasar tertib ukur ini merupakan upaya pemerintah melindungi konsumen dari pelaku kecurangan pelaku usaha atau pedagang.

"Ini juga sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen kepada pelaku usaha," ucap dia.

Menurutnya program tertib ukur ini akan membantu untuk meningkatkan kualitas produk dalam negeri. Dalam hal ini, produk-produk UMKM yang transaksinya sangat besar terutama di pasar.

"Untuk pasar kita dorong juga untuk tertib ukur supaya konsumen lebih cerdas. Kalau mau beli sesuatu benar enggak timbangannya, kemudian juga apa yang dia bayar sesuai dengan yang kita ukur," ujar Agus.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi empat daerah yang diresmikan tertib ukur oleh Kemendag. Hal ini berdampak positif terhadap perlindungan konsumen di daerah-daerah tersebut.

"Warga jadi aman dalam transaksi perdagangan. Tentunya sangat positif. Semakin banyak orang jujur," kata Kang Emil, panggilan akrabnya.

(mud/ern)