Peringati Hari Ibu, Ratusan Perempuan di Karawang Membatik Massal

Luthfiawan Awaluddin - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 21:20 WIB
(Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang - Beragam cara dilakukan oleh warga untuk memperingati hari ibu. Di Kabupaten Karawang peringatan hari ibu diisi dengan kegiatan membatik secara massal.

Sebanyak 500 perempuan dari berbagai organisasi kompak membatik di sepanjang Jalan Kaum, Kecamatan Karawang Barat, Kamis (19/12/2019). Dengan penuh kehati-hatian mereka menggoreskan canting ke atas kain putih yang sudah diberi kerangka batik tulis.

Pantauan detik, ratusan perempuan itu membentuk kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok mengelilingi kompor dan ketel berisi cairan malam. Bergantian, mereka menyiuk cairan malam dari dalam ketel.

Dari pucuk canting, terlihat garis membentuk gambar bunga, tangkai, hingga dahan melengkung. Setelah selesai, kain dikumpulkan untuk dicelup aupaya warnanya keluar. Setelah selesai, para peserta bisa membawa pulang kain yang mereka buat sendiri.

"Kita memperingati hari ibu dengan cara melestarikan batik," kata Istiqomah Garjito, pelestari batik Karawang, Kamis (19/12/2019).

Peringati Hari Ibu, 500 Perempuan Karawang Membatik MassalFoto: Luthfiana Awaluddin
Istiqomah menuturkan, hari ibu sebaiknya diperingati dengan berbagai kegiatan positif. Dengan pelatihan membatik, Istiqomah berharap perempuan di Karawang bisa memiliki keterampilan tambahan.

"Sehingga secara tidak langsung bisa meningkatkan keterampilan dan sekaligus melestarikan batik," pungkas Istiqomah.

Batik Karawang saat ini sedang dikembangkan oleh berbagai pihak. Selain pemerintah daerah, pengembangan Batik Karawang juga dilakukan berbagai organisasi perempuan.

Istiqomah misalnya telah membuat batik khas dengan motif yang lekat dengan tradisi pertanian. Misalnya motif pare sagedeng, motif itu terinspirasi dari Karawang sebagai daerah lumbung padi nasional.

"Ada juga motif leuit atau lumbung tradisional tempat menyimpan padi hasil panen," kata Istiqomah.

Perempuan itu juga buat motif batik bertema lingkungan misalkan motif Citarum, Curug Cigentis dan pegunungan Sanggabuana. "Saat ini kami sudah membuat 21 motif batik Karawang. Sebagian sudah terdaftar di HAKI," kata Istiqomah. (mso/mso)