Ketemu Komisi II DPR RI, Ridwan Kamil Curhat Soal DOB di Jabar

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 20:53 WIB
(Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta komisi II DPR RI membantu merealisasikan usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang sudah tertunda bertahun-tahun. Ia menyebut pemekaran wilayah ini sudah menjadi kebutuhan Jabar ke depan.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil usai bertemu perwakilan Komisi II DPR di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (19/12/2019). Emil mengatakan idealnya Jabar dengan pendudukan hampir 50 juta punya 40 daerah. Namun, Jabar saat ini baru 27 kota dan kabupaten.


"Jadi jangan dipukul rata serba gak boleh dan juga jangan dipukul rata serba boleh. Jadi istilahnya kebijakan asimetris, artinya memberikan ruang agar negara bisa mengambil keputusan sesuai urgensinya. Buktinya wacana Papua mau dimekarkan kemudian ibu kota baru," kata Emil.

Menurutnya kondisi ini melahirkan ketidakadilan secara fiskal. Ia mencontohkan, Jawa Timur yang jumlah penduduknya sekitar 37 juta jiwa punya 38 kota dan kabupaten.

"Kita mengalami ketidakadilan ini sudah terlalu lama yang perbedaannya dengan Jatim hampir Rp15 triliun. Intinya Komisi II menyetujui secara prinsip Jawa Barat dengan penduduk begitu besar mengalami kendala pelayanan publik perlu untuk mengembangkan DOB," tutur dia.


Tonton juga Komisi II Desak Mendagri Selesaikan Rekening Kasino Kepala Daerah :


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2