Gempa Bumi di Pangalengan Bandung, Belum Ada Laporan Kerusakan

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 18:03 WIB
Foto: Reta Amaliyah Shafitri
Kabupaten Bandung - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan M 3.0 mengguncang wilayah Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Belum ada laporan kerusakan.

Dari informasi yang diterima dari BMKG, gempa bumi tersebut terjadi, Kamis (19/12/2019) sore sekitar Pukul 16.59 WIB.

"Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M 3.0 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7.27 LS - 107.6 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 15 km barat daya Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan kedalaman 10 km," kata Kepala BMKG Wilayah II Tanggerang Hendro Nugroho dalam rilis.

Hendro berujar gempa bumi yang terjadi itu merupakan gempa bumi dangkal.

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Garsela Fault Zone," ujarnya.

Menurutnya, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangalengan, Kabupaten Bandung dengan Skala Intensitas I - II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga laporan ini dibuat pukul 17:21 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," jelasnya.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut," tambahnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi kepada Kepala BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Djohar mengatakan, belum ada laporan kerusakan akibat kejadian ini.

"Belum ada laporan. Kami cari dulu infomasinya," katanya kepada wartawan via sambungan telepon. (ern/ern)