Pakai Mobil Bak Terbuka Saat Nataru, Wisatawan di Garut Akan Ditilang

Hakim Ghani - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 14:19 WIB
(Foto: Hakim Ghani/detikcom) Polisi Garut akan tilang wisatawan yang pakai mobil bak terbuka.
Garut - Polisi melarang para wisatawan menggunakan kendaraan bak terbuka di Kabupaten Garut saat libur Natal dan tahun baru (Nataru). Bagi yang tetap nekat siap-siap kena tilang.

Kasat Lantas Polres Garut AKP Asep Nugraha menjelaskan, setiap tahun pihknya kerap menemukan wisatawan yang nekat menggunakan mobil bak terbuka untuk berlibur.

"Antusiasme berlibur ke Garut memang setiap tahunnya sangat tinggi. Namun tetap, keselamatan harus selalu diutamakan," ujar Asep kepada wartawan di Polres Garut, Jalan Sudirman, Karangapwitan, Kamis (19/12/2019).

Asep mengatakan, pelarangan tersebut dilakukan pihaknya lantaran penggunaan mobil bak terbuka bisa membahayakan bagi para wisatawan. Menurutnya kendaraan semacam itu tidak cocok sebagai angkutan orang.

"Jika terjadi kecelakaan, pasti akan menimbulkan banyak korban karena biasanya sarat penumpang," katanya.

Menurutnya berbagai langkah antisipasi telah dilakukan, mulai dari sosialisasi dan langkah lainnya. Untuk itu pihaknya tidak akan segan menilang wisatawan yang tetap nekat menggunakan mobil pikap saat berwisata di garut.

"Upaya pencegahan dan edukasi sudah kami lakukan. Apabila masih ada yang bandel, bisa kami kenakan tilang. Ini sangat berbahaya, sangat mengancam keselamatan," kata Asep.
Selanjutnya
Halaman
1 2