Kapan Pembangunan Rumah Deret Tamansari Bandung Dimulai?

Tri Ispranoto - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 10:00 WIB
Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Satu minggu sudah Pemkot Bandung membongkar belasan bangunan tersisa di lahan yang akan dibangun Rumah Deret Tamansari. Namun hingga kini belum diketahui kapan pembangunan akan dimulai.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan pemerintah masih belum memulai pembangunan yang tepatnya berada di RW 11, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung itu.

"Sekarang masih belum (pembangunan). Teman-teman dan tim masih jaga situasi," kata Oded di Balai Kota Bandung, Kamis (19/12/2019).

Oded mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menggelar rapat lintas dinas untuk terus memantau perkembangan. Salah satunya memperhatikan warga yang terdampak penertiban rumah deret Tamansari.

"Saya sudah perintahkan tim lintas dinas untuk tetap memperhatikan teman-teman yang terdampak penertiban ini dengan memberikan (kebutuhan) keseharian," katanya.

Menurut Oded, hal tersebut akan terus dilakukan hingga pemerintah melakukan pembersihan sisa bangunan dan memulai pembangunan.

Disinggung kapan akan dimulai pembangunan rumah deret Tamansari, Oded tak menjawabnya secara tegas. "Yang jelas kita pantau terus," ucapnya.

Seperti diketahui Kamis 12 Desember lalu Pemkot Bandung melakukan penertiban terhadap lahan yang akan dijadikan Rumah Deret Tamansari. Penertiban yang dilakukan sejak pagi hingga malam hari itu sempat diwarnai kericuhan.

Imbasnya, 25 pemuda yang terlibat kericuhan diamankan. Dari hasil penyelidikan 25 pemuda yang terlibat kericuhan itu bukan bagian dari warga. Bahkan saat dilakukan tes urine, 2 orang dinyatakan positif oleh kepolisian. (tro/ern)