Antisipasi Macet, Dishub Ciamis Siapkan Rekayasa Lalin Saat Tahun Baru

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 11:40 WIB
(Foto: Dadang Hermansyah/detikcom) Dishub Ciamis siapkan rekayasa lalu lintas saat perayaan malam tahun baru 2020
Ciamis - Dinas Perhubungan Ciamis akan menutup akses jalan menuju Taman Raflesia saat perayaan malam tahun baru 2020. Rencana rekaysa lalu lintas telah disiapkan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Sebagaimana diketahui, Taman Raflesia atau Alun-alun Ciamis merupakan salah satu lokasi favorit warga dalam menghabiskan malam tahun baru. Warga kerap berkumpul sambil menunggu malam pergantian tahun di lokasi tersebut.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di kawasan tersebut, sejumlah langkah telah disiapkan. Rekayasa lalu lintas juga akan diberlakukan.

Contohnya pengendara dari arah Bandung atau dari Jawa Tengah, berikut rekayasa lalu lintas supaya tak terjebak macet. Karena jalan Jendral Sudirman dan Ir H Juanda yang melewati Alun-alun Ditutup.

Kendaraan dari arah Bandung menuju Banjar-Jawa Tengah dialihkan ke Lokasana-Jalan Ahmad Dahlan melawati Stadion Galuh Ciamis lalu ke Jalan Mr Iwa Kusuma Somantri selanjutnya ke Jalan Ciamis-Banjar.

Dari arah Bandung menuju Cirebon, bisa melewati Jalan Siliwangi kemudian ke arah Maleber selanjutnya ke jalan RE Martadinata. Sedangkan kendaraan dari Cirebon menuju Bandung, dialihkan ke Jalan Yos Sudarso melintasi Jalan Rumah Sakit (Kalajajar) ke Jalan Stasiun-Jalan Tentara Pelajar kemudian ke Jalan H Juanda selanjutnya menuju Bandung.

Sedangkan dari arah Jawa Tengah menuju Bandung, dari Jalan Ciamis - Banjar langsung ke Jalan Mr Iwa Kusuma Somantri ke Jalan Cipto Mangunkusumo-Lokasana lalu ke Jalan H Juanda lurus menuju Bandung.

"Alun-alun Ciamis menjadi lokasi kegiatan malam tahun baru. Untuk pas malam tahun baru akses jalan ditutup pada sore hari. Rekayasa lalu lintas sudah disiapkan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Ciamis Endang Sutrisna didampingi Kepala Bidang Lalu Lintas Achmad Yani, Rabu (18/12/2019).

jalan ditutupFoto: Dokumentasi Dishub Ciamis
Selain mengalihkan arus lalu lintas, Dishub juga telah menyiapkan kantung-kantung parkir di sekitar Taman Raflesia, bagi warga Ciamis dan sekitarnya yang akan merayakan malam tahun baru. Sedikitnya ada 6 kantung parkir dengan menggunakan ruas jalan yang ditutup.

"Tempat parkir sudah disiapkan, di Jalan Kaum, Jalan Pemuda, dan jalan Galuh," ucap Endang.

Dishub menyiagakan sebanyak 102 personel untuk mengatur lalu lintas, sekaligus mengatur kendaraan di area parkir. Juga ratusan rambu lalu lintas portabel sudah disiapkan. Selain Taman Raflesia, ada beberapa lokasi perayaan tahun baru di pusat kota seperti kawasan Islamic Center, Taman Lokasana dan halaman parkir Sirkuit BMX Cigembor.

"Ciamis ini adalah perlintasan, jalan nasional berada di pusat kota. Jadi rekayasa ini perlu dilakukan supaya kendaraan dari arah Bandung menuju lokasi wisata Pangandaran atau sebaliknya tidak terhambat macet," jelas Endang.

Simak Video "Kakorlantas: Jalur Mudik Libur Natal dan Tahun Baru Kondisinya Fungsional"

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mso)