Di-blacklist, Pemenang Lelang Tetap Bangun Rumah Deret Tamansari

Tri Ispranoto - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 16:44 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna (Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pemenang lelang pembangunan proyek Rumah Deret (Rudet) Tamansari di Kota Bandung tetap diwajibkan menyelesaikan pekerjaan meski masuk dalam daftar hitam alias blacklist yang ditetapkan oleh Lembaga Kebijakan dan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Pemenang lelang, yakni PT Sartonia Agung, sebelumnya di-blacklist lantaran gagal menyelesaikan proyek pembangunan PA/KPA Pusat Pendidikan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan.


Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, dalam hal ini PT Sartonia Agung tetap harus melanjutkan tanggung jawab pembangunan. Sebab, blacklist diterapkan setelah perusahaan tersebut memegang proyek rumah deret.

"Ini konteksnya melanjutkan tanggung jawab, melaksanakan kewajiban yang seharusnya mereka lakukan sebagai pemenang lelang," kata Ema, Selasa (17/12/2019).

Namun, lanjut dia, masuknya PT Sartonia Agung dalam daftar hitam aktif LKPP akan menjadi perhatiannya. Terutama dalam lelang proyek-proyek Pemkot ke depan. "Yang jadi catatan itu adalah ke depannya. Kalau mereka ikutan lelang, tidak akan dilibatkan," katanya.

Hal tersebut, kata Ema, sudah dijelaskan dalam surat dari LKPP yang menyebutkan, jika penyedia jasa yang kemudian hari masuk daftar hitam tapi sebelumnya mendapat pekerjaan, tetap harus bertanggung jawab menyelesaikannya.

"Maka sekarang itu posisi (PT Sartonia Agung) seperti itu. Maka dia harus pertanggungjawabkan pekerjaannya," ujar Ema.


Disinggung apakah waswas terkait rekam jejak PT Sartonia Agung, Ema mengakuinya. Hanya, pemerintah akan lebih ketat. "Yang pasti kami akan lakukan pengawasan maksimal," katanya.


Tonton juga Polri Periksa Anggotanya Terkait Penggusuran di Tamansari :

[Gambas:Video 20detik]

(tro/mso)