Diterjang Hujan Lebat, Dua Rumah di Kuningan Ambruk

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 09:24 WIB
Foto: dok. Istimewa
Kuningan - Sedikitnya dua rumah di Desa Karangmangu, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, ambruk akibat hujan lebat yang disertai angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin menyebutkan insiden rumah ambruk itu terjadi pada Senin (16/12/2019) sore.

"Rumah yang ambruk akibat hujan lebat itu milik Pak Ade Ismail (47), yang dihuni lima jiwa atau dua keluarga. Dan rumah Pak Sukarma (38)," kata Agus kepada detikcom melalui pesan singkatnya, Selasa (17/12/2019).

Agus mengatakan awalnya dinding tembok di lantai dua rumah milik Ade yang masih dalam pengerjaan itu ambruk. Tembok yang ambruk itu menimpa atap rumah milik Sukarma.

"Rumah Pak Sukarma itu tepat di bawah tembok yang ambruk. Kami sudah lakukan pembongkaran atap dan tembok rumah yang ambruk," kata Agus.

Selain dua rumah ambruk, Agus menyebutkan Sukarma, yang saat itu berada di rumahnya, menjadi korban lantaran tertimpa reruntuhan atap rumahnya. "Sukarma mengalami luka di bagian kepala akibat tertimpa reruntuhan," katanya.

Agus menambahkan, menurut BMKG, pada Desember minggu ketiga intensitas hujan di Kuningan akan mengalami peningkatan hingga awal 2020. Agus mengaku telah membuat surat edaran terkait antisipasi bencana saat musim hujan.

"Imbauan sudah sering. Waspadai tanah longsor, kegiatan bersih-bersih lingkungan, identifikasi keretakan tanah, dan lainnya," kata Agus. (ern/ern)