Libur Natal-Tahun Baru, Polisi Kanalisasi Pasar Limbangan Garut

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 16 Des 2019 20:54 WIB
Pasar Limbangan Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Polisi akan menerapkan kanalisasi Pasar Limbangan, Garut, selama libur natal 2019 dan tahun baru 2020 (nataru) untuk mengantisipasi kemacetan di wilayah tersebut. Polisi tengah berupaya agar delman tidak beroperasi.

Dirlantas Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi menjelaskan kanalisasi perlu diterapkan di Pasar Limbangan karena efektif mengurai kemacetan. "Nanti pasar ini akan dikanalisasi selama libur natal dan tahun baru," ujar Eddy kepada wartawan selepas peninjauan jalur selatan Garut di Limbangan, Rabu (16/12/2019).

Eddy mengatakan aktivitas pasar merupakan salah satu kendala jalur di wilayah selatan khususnya Garut. Sebab, aktivitas pasar tumpah hingga ke badan jalan.


Selain kanalisasi pasar, sambung Eddy, personel yang berjaga di lokasi juga ditambah untuk membantu warga menyeberang jalan. "Jadi nanti dikoordinir, warga dibantu petugas ketika sudah berkumpul lalu diseberangkan oleh petugas. Jadi tidak ada lagi warga yang menyeberang sembarangan terpisah-pisah," tutur Eddy.

Setidaknya ada dua pasar yakni Pasar Limbangan dan Pasar Malangbong yang menjadi biang kemacetan di wilayah jalur selatan Garut.

Selain itu, polisi berharap agar delman tidak beroperasi di wilayah tersebut agar tidak menghambat arus lalu lintas. Polisi akan membatasi truk-truk besar beroperasi di jalur-jalur yang digunakan saat libur nataru.

"Untuk itu kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," ucap Eddy. (bbn/bbn)