Teror Ular Kobra Melintas di Jalan Ciamis, Pengendara Pilih Berhenti

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 09:48 WIB
Foto: Istimewa
Ciamis - Teror ular kobra juga terjadi di Kabupaten Ciamis, Jabar. Para pengendara yang melintas di Tanjakan Salawe, Kecamatan Cimaragas, dikagetkan ular kobra berukuran besar melintas di jalan. Pengendara lebih memilih berhenti menunggu ular tersebut melintas, tak ada yang berani mengusik.

Menurut informasi warga, kejadian ular melintas di jalan tersebut tak hanya sekali terjadi. Namun itu sudah terjadi berkali-kali, paling sering saat musim kemarau. Diduga di sekitar jalan tersebut terdapat sarang ular kobra besar berwarna hitam.

Kondisi jalan tersebut memang tergolong sepi. Pada samping tanjakan merupakan tebing bukit kebun warga yang dipenuhi pohon. Sedangkan di sisi lainnya adalah jurang, kolam ikan dan area persawahan warga.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dusun Tunggul Rahayu Desa Cimaragas Wawan, menurutnya warga di daerahnya dan pengendara yang sering melintas di Tanjakan Salawe sewaktu-waktu menemukan ada ular kobra melintas. Namun bagi yang beberapa kali melintas pasti kaget ketika kebetulan melihat ular kobra melintas. Bahkan panik dan mengaku resah.


"Iya memang sering melihat ular kobra melintas di tanjakan salawe. Sudah biasa. Kalau kebetulan pengendara motor atau mobil melihat mereka memilih berhenti, setelah lewat baru melanjutkan perjalanan," ujar Wawan saat dihubungi, Sabtu (14/12/2019).

Menurut Wawan, keberadaan ular kobra di daerah tersebut tak terlepas dari cerita masyarakat, di mana ular kobra yang sering bolak-balik melintas adalah penunggu daerah tersebut. Sehingga warga tak ada yang berani mengusik keberadaan ular kobra tersebut.

"Menurut cerita masyarakat ular kobra itu penunggu daerah tersebut. Tapi itu cerita masyarakat. Yang jelas benar ular sering melintas di tanjakan Salawe. Paling sering lewat saat musim kemarau kemarin," ujarnya. (mud/mud)