1 Warga Tewas Terjebak di Rumah Terbakar di Bandung Barat

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 09:11 WIB
Foto: Ilustrasi oleh : Edi Wahyono/detikcom
Bandung Barat - Kebakaran terjadi di Kampung Cihurip RT 02 RW 11, Desa Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Sabtu (14/12) sekitar pukul 23.00 WIB. Kebakaran yang diduga berasal dari ledakan sepeda motor ini, mengakibatkan seorang warga tewas.

Kapolsek Batujajar Kompol Jose Hariyadi mengatakan, sebelum kebakaran terjadi di kampung tersebut terjadi mati listrik. Saat itu korban yang diketahui bernama Elon Suganda (65) tengah berada di dalam rumah bersama cucunya yang berinisial P (16).

"Korban bersama cucunya tinggal berdua di rumah, sedangkan istri korban sedang berada di rumah orang tuanya, lokasinya tak jauh dari TKP," kata Jose melalui Kanit Reskrim I Iptu Hendra saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (15/12/2019).

Saat mati lampu, cucu korban sempat menyalakan lilin yang disimpan di atas kursi plastik dan korban tengah berbaring di ruang tengah rumah. Lilin dinyalakan cukup dekat dengan sepeda motor milik korban.

"Karena lilin sudah mati, saksi pun pergi ke rumah sebelah . Tiba-tiba pukul 20.00 WIB terdengar suara ledakan dari arah rumah korban, api terlihat sudah membakar sebagian rumah," katanya.

Dari keterangan warga sekitar, terdengar suara ledakan cukup keras. "Listrik sudah menyala, tapi kemudian mati lagi. Warga kemudian mendatangi lokasi ledakan dan menemukan Elon sudah dalam keadaan terbakar," ujarnya.

Warga kemudian berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya diiringi hujan yang cukup deras. "Kemudian datang unit damkar, api bisa dipadamkan tapi nyawa korban tak bisa terselamatkan," ujarnya.

Ia mengatakan, korban memiliki riwayat penyakit stroke. Ada kemungkinan, Elon tak bisa menyelamatkan diri. "Pihak keluarga menolak untuk dilakukan autopsi, keluarga menganggap hal ini merupakan musibah dan telah membuat surat pernyataan," ujarnya.


Tonton juga Eksekusi Lahan untuk Rumah Deret Tamansari, Satpol PP-Pemuda Bentrok :

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)