Pelatihan Bela Negara, Ratusan Anggota Pramuka Cirebon Belajar Menyelam

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 16:33 WIB
Foto: Sudirman Wamad
Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon melatih seratusan anggota pramuka dari wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Indramayu teknik menyelam.

"Totalnya ada 176 anggota pramuka. Pelatihan teknik dasar menyelam ini rangkaian dari kegiatan bela negara. Kami juga menggelar kegiatan kemah cinta bahari," kata Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho saat berbincang dengan detikcom di kolam renang Chatrine Surya Komplek Bima Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (13/12/2019).

Agung mengatakan seratusan anggota pramuka tersebut berasal dari wilayah pesisir pantai utara (pantura). Agung berharap adanya pelatihan teknik dasar selam membuat seratusan pramuka lebih mencintai kemaritiman.

"Melalui olahraga selam ini semoga mereka makin mencintai kemaritiman Indonesia. Kita juga berikan penyuluhan tentang pentingnya membela negara," kata Agung.

Agung menjelaskan selain pengenalan alat dan teknik dasar selam, pihaknya juga memberikan pelatihan tentang penyelamat saat terjadi kecelakaan di laut. Anggota pramuka dilatih tentang pertolongan pertama.

Salah seorang anggota pramuka asal SMKN 1 Jamblang Khoirul Insani mengaku senang adanya pelatihan bela negara. "Ini kesempatan yang berharga, bisa mencoba menyelam menggunakan alat-alat selam. Kalau renang sering, menyelam belum pernah," kata Insani.

Senada disampaikan Dewi Kusuma, anggota pramuka asal SMAN 5 Kota Cirebon. Dewi mengaku tidak bisa menyelam. Dewi pun antusias agar bisa mempraktekan teknik dasar menyelam.

"Enggak bisa renang, enggak bisa menyelam. Semoga saja setelah ini bisa," kata Dewi.

(ern/ern)