Sebanyak 1.300 Personel Amankan 18 Gereja di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 12:37 WIB
Foto: Sudirman Wamad/Kapolresta Cirebon AKBP M Syahduddi
Foto: Sudirman Wamad/Kapolresta Cirebon AKBP M Syahduddi
Cirebon - Sebanyak 1.300 petugas keamanan gabungan disiagakan saat libur natal dan tahun baru (nataru) di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

"Dari total 1.300 personel gabungan itu, 614 di antaranya merupakan personel internal dari kepolisian," kata Kapolresta Cirebon AKBP M Syahduddi kepada detikcom di Mapolresta Cirebon, Jalan Raden Dewi Sartika Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (14/12/2019).

Syahduddi menerangkan petugas gabungan yang dilibatkan di antaranya, Sat Pol PP, TNI dan petugas perlindungan masyarakat (linmas). Selain itu, Polresta Cirebon juga berkoordinasi dengan pengelola tempat ibadah untuk mengantisipasi adanya penyusup saat pelaksanaan ibadah di gereja.

"Dari internal tempat ibadah kita libatkan. Ini untuk mendeteksi masyarakat yang bukan dari komunitas atau bagian gereja," kata Syahduddi.

Lebih lanjut, Syahduddi menyebutkan 1.300 personel tersebut bakal menyebar di 18 gereja dan lima rumah ibadah yang ada di Kabupaten Cirebon. Syahduddi juga mengaku telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi adanya ancaman terorisme.

"Kita koordinasi dengan ulama, pemuka agama. Tujuannya untuk mendeteksi dini adanya ancaman. Kemudian, kita juga koordinasi dengan untuk mengidentifikasi tempat-tempat jaringan terorisme yang sebelumnya sudah ditindak oleh Densus 88," kata Syahduddi.

Selain pengamanan pelaksanaan ibadah saat natal, Syahduddi menambahkan pihaknya juga mengerahkan petugas lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan saat perayaan tahun baru serta jalur wisata.

"Kita sudah identifikasi titik-titik kepadatan saat tahun baru, seperti Gronggong, Weru dan dan lainnya. Kita akan lakukan penebalan personel di beberapa titik itu," ucapnya.

Simak Video "Kategori Wilayah Rawan Macet di Puncak Natal dan Tahun Baru 2020"

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)