1.865 Pelajar Bakal Tampil di Konser Kebhinekaan Suluh Nusantara Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 18:32 WIB
Ribuan pelajar bakal terlibat konser kebinekaan yang digelar di Cirebon. (Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Yayasan Santo Dominikus Cabang Cirebon bersama seniman menggelar Konser Kebhinekaan Suluh Nusantara. Tak tanggung-tanggung, konser yang mengusung tema pluralisme itu melibatkan seribuan pelajar dari Santa Maria Cirebon.

Uniknya, konser tersebut digelar di Pelabuhan Muara Jati, Cirebon. Panggung konsernya menggunakan kapal tongkang. Sutradara Konser Kebhinekaan Suluh Nusantara Dedi Kampleng mengatakan konser kebinekaan yang bakal digelar pada Sabtu (14/12/2019) itu merupakan drama musikal kolosal atau opera. Ada 1.865 pelajar yang bakal manggung bersama dalam konser tersebut.

"Sebanyak 1.865 itu pelajar, itu disesuaikan dengan tahun berdirinya mercusuar Pelabuhan Muara Jati, Cirebon. Kami juga libatkan seniman dari berbagai daerah," kata Dedi dalam press release di Sanggar Bisa Santa Maria Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).


Lebih lanjut Dedi menerangkan alasan dipilihnya pelabuhan sebagai tempat pertunjukan. Ia menceritakan Pelabuhan Muara Jati, Cirebon, merupakan salah satu pelabuhan yang melambangkan peradaban, kebudayaan, dan lainnya. Pelabuhan, lanjut Dedi, menjadi gerbang terbentuknya keberagaman di Cirebon.

"Simbol-simbol keagamaan, kebudayaan, kesukuan, dan lainnya. Pelabuhan ini membuka peradaban baru bagi Cirebon. Sebagai simbol masyarakat yang memiliki keterbukaan," ucap Dedi.

Simak Video "Didi Kempot Bikin Galau Sobat Ambyar di Konser 'Lord of Loro Ati'"


Selanjutnya
Halaman
1 2