6 Anjing Pelacak Disiagakan Daop Bandung Selama Nataru

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 17:26 WIB
Ilustrasi anjing pelacak (Grandyos Zafna/detikcom)
Kabupaten Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung mengerahkan enam ekor anjing pelacak di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiara Condong, Bandung, selama pelaksanaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2020.

Daop 2 Bandung menyiagakan 452 personel keamanan, yang terdiri atas 170 personel Polsuska, 274 sekuriti, dan 98 personel bantuan eksternal dari TNI-Polri. Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di kereta, stasiun, dan berpatroli di jalur kereta serta objek penting lainnya, seperti dipo lokomotif dan kereta.


Wakadaop 2 Bandung Hendra Wahyono mengatakan puluhan personel TNI-Polri dan anjing pelacak dilibatkan dalam pengamanan Nataru yang berlangsung mulai 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

"Personel TNI-Polri ada 92 orang yang kami minta secara langsung dari kewilayahan untuk bisa membantu kami. Ditambah enam ekor anjing pelacak," kata Hendra di Pasirjambu Bandung, Kabupaten Bandung, Rabu (11/12/2019).

Anjing pelacak itu disiagakan untuk memeriksa barang bawaan penumpang. Barang yang dilarang dibawa penumpang antara lain narkoba, senjata tajam, dan barang berbahaya lainnya. "Anjing pelacak untuk memastikan penumpang yang naik kereta api bebas dari bawaan yang tidak diperbolehkan, baik itu yang membahayakan dan lainnya," tutur Hendra.