Dewan Dukung Wacana Pasangan Cerai di Jabar Sumbang 100 Pohon

Mukhlis Dinillah - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 16:45 WIB
Ridwan Kamil menanam pohon. (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Ridwan Kamil menanam pohon. (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - DPRD Jabar mendukung wacana Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang menetapkan syarat bagi pasangan bercerai dengan menanam 100 bibit pohon. Hal itu dinilai bisa memulihkan lahan kritis di DAS Citarum.

"(Usulan pasangan cerai sumbang pohon) mendukung saja kalau memperbaiki Citarum pada prinsipnya," kata anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanadi via telepon seluler, Rabu (11/12/2019).

Menurutnya, gerakan pemulihan DAS Citarum dengan target menanam 25 juta pohon sangat positif, sehingga lahan kritis yang luasannya berdasarkan data Pemprov Jabar mencapai 199 ribu hektare tersebut kembali hijau.

"Targetnya kan sepanjang DAS Citarum hijau. Dengan begitu, ancaman banjir dan longsor bisa diminimalkan," ucap politikus Gerindra ini.



Di samping itu, Daddy juga menyoroti persoalan sedimentasi di Sungai Citarum. Menurutnya, hal tersebut juga perlu dicarikan solusinya untuk mencegah banjir karena luapan sungai ketika musim hujan.

"Nggak kalah penting berkaitan sedimentasi begitu banyak ini kerap dilakukan pengerukan akhirnya bingung buangnya ke mana. Belum kepikiran selama ini," tutur Daddy.

Sebelumnya, Ridwan Kamil mewacanakan aturan yang mewajibkan lulusan SD hingga mahasiswa ikut menanam pohon. Tidak hanya itu, ia juga berencana membebani pasangan yang bercerai untuk menyumbangkan 100 pohon.

Menurutnya, hal itu sebatas wacana, yang pada prinsipnya bagaimana melibatkan masyarakat dalam pemulihan lahan kritis di Jabar.



RK menargetkan dalam dua hingga tiga tahun ke depan harus ditanam 25 juta pohon untuk mengatasi lahan kritis di DAS Citarum.

"Jadi kalau tidak ada halangan, awal tahun depan kita akan mencanangkan penanaman 25 juta pohon di seluruh lahan kritis di Jawa Barat dan hari ini kita mulai di KBU," kata RK usai penanaman pohon di desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Senin (9/12). (mud/ern)