Momen Natal, Polisi Kawal Ketat 156 Gereja di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 19:19 WIB
Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polisi melakukan pengamanan ketat di area gereja selama momen perayaan Natal. Menjelang perayaan, sebanyak 156 gereja akan disterilisasi.

"Untuk puncak perayaan Natal tanggal 24-25 Desember, kami sudah mendata ada sekitar 156 gereja di Kota Bandung yang akan melaksanakan perayaan Natal," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (10/12/2019).


Irman mengatakan gereja-gereja tersebut bakal menjadi prioritas pengamanan. Sebanyak 2.300 polisi disiapkan untuk mengawal ratusan gereja itu.

"Untuk jumlah personelnya tentu akan disesuaikan dengan tingkat permasalahan dan kerawanannya. Jadi bervariasi jumlahnya (personel). Maka dari itu, ada skala prioritas pengamanan bagi gereja-gereja yang jemaahnya cukup banyak yang perlu kami antisipasi pengamanan agar tetap terjaga situasi kondusif Kota Bandung dan toleransi antarumat beragama di Kota Bandung," tuturnya.

Irman menambahkan, dalam perayaan Natal, ada berbagai potensi ancaman. Menurutnya, ancaman bisa terjadi dari ancaman intoleransi hingga teror bom.


Untuk mengantisipasi teror bom, pihaknya akan berkoordinasi dengan tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Jabar untuk melakukan sterilisasi menjelang perayaan.

"Jadi polisi akan melakukan pengamanan maksimal. Di dalamnya ada sterilisasi tempat kegiatan beribadah oleh Jibom atau Jihandak sebelum pelaksanaan," kata Irman.




Tonton juga video Survei Kemenhub: 60% Pemudik Nataru Gunakan Transportasi Darat:

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)