Mahfud Md Klaim Pelanggaran HAM Pemerintah ke Masyarakat Nihil

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 12:21 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md (Dony Indra Ramadhan/detikcom)

Menurut Mahfud, penegakan HAM saat ini tetap harus dilakukan. Namun penegakan perlu dilakukan dalam sektor sosial, ekonomi, dan budaya. Masyarakat, ujar dia, perlu mendapat jaminan perlindungan HAM di Indonesia.

"Jaminan kesehatan, kartu pendidikan, dan sebagainya dilakukan pemerintah melalui pembangunan ekonomi, pemerataan pendidikan, kebijakan afirmasi," katanya.


Mahfud lantas mencontohkan program-program penegakan HAM yang dilakukan saat ini. Salah satunya memberikan jaminan pendidikan kepada anak-anak Papua.

"Misalnya kita punya program Saudara Papua. Itu adalah program ketika anak-anak Papua tes biasa tidak bakal lulus, lalu pemerintah memberi kursi, silakan tanpa tes. Itu dalam rangka penegakan HAM. Kadang kala kita hanya menganggap HAM itu pelanggaran hukum masa lalu, yang sekarang kita berusaha menyelesaikan," ujarnya.

"Saat ini kita memang masih mempunyai beberapa masalah HAM yang tidak bisa dihindari, pasti ada pelanggaran HAM di Amerika sekalipun. Tapi sejak Reformasi, kita berusaha menyelesaikan persoalan itu dengan instrumen hukum dan konstitusi diperbaiki," Mahfud menambahkan.
selanjutnya
Halaman

(dir/bbn)