Mahfud Md Klaim Pelanggaran HAM Pemerintah ke Masyarakat Nihil

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 12:21 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Menko Polhukam Mahfud Md mengklaim pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dari pemerintah kepada masyarakat sudah tidak ada. Namun sebaliknya, dia menilai pelanggaran HAM saat ini terjadi antarmasyarakat.

Hal itu diungkapkan Mahfud saat menghadiri acara peringatan Hari HAM Sedunia yang diselenggarakan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (10/12/2019). Mahfud menyatakan pelanggaran HAM dari pemerintah nihil sejak era Reformasi.

"Sebelum Reformasi, pengekangan, bahkan pelanggaran, HAM terjadi hegemonik sehingga sekarang menyisakan 12 masalah. Tapi, dalam situasi sekarang, pelanggaran HAM yang dilakukan sistematik oleh negara sudah tidak ada. Kenapa? Karena pelanggaran HAM saat ini horizontal," kata Mahfud.


Mahfud menjelaskan pelanggaran HAM secara horizontal itu dilakukan antarmasyarakat. Bahkan, dia mengungkapkan, masyarakat juga kerap melanggar HAM terhadap pemerintah.

"Apakah saat ini masih ada pelanggaran HAM? Masih, tapi sekarang polanya berubah. Dulu vertikal dari atas represi rakyatnya, sekarang pelanggaran HAM horizontal dilakukan oleh kelompok masyarakat ke masyarakat lain. Aparat dilempari batu, dikeroyok. Ini harus dilihat sehingga menilai pelanggaran HAM sekarang itu polanya berubah. Jangan menuding ke satu arah," tuturnya.


Tonton juga Datangi Mahfud Md, Erick Thohir Dapat Laporan soal Radikalisme di BUMN :


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2