Rusak Saat Kebakaran, Ratusan Mushaf Al-Qur'an di Batujajar Dibakar

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 09 Des 2019 17:53 WIB
Foto: Yudha Maulana/detikcom
Bandung Barat - Ratusan mushaf Al-Qur'an terbakar saat Madrasah Ibtidaiyah (MI) Roudotutta'lim atau MI Batujajar dilalap si jago merah pada Minggu (8/12/2019) sore. Ribuan lembar kitab suci yang rusak dan terserak dikumpulkan untuk dihanguskan pada Senin (9/12/2019).

Ribuan lembar ayat-ayat Al-Qur'an itu dikumpulkan para guru dan murid dari puing-puing bangunan empat kelas yang terbakar. Kondisi tiap lembar Al-Qur'an itu memang sudah rusak parah, sebagian lembaran tampak hangus terbakar.

Tulisan dalam setiap mushaf nyaris tak terlihat lagi karena basah tersiram saat pemadaman yang dilakukan petugas. Tiap lembar yang basah dipisahkan oleh murid di tempat kering.

Setelah agak kering, kertas tersebut dimasukkan ke dalam tong untuk dihanguskan. Setelah itu, abu hasil pembakaran disimpan di wadah khusus. "Al-Qur'an ini mulia, jadi ini cara kami memuliakan Al-Qur'an yang rusak. Tidak boleh dibuang sembarangan," kata pengelola yayasan, H Budiman.


Sementara itu, puing-puing bangunan yang menggunung di tengah lapangan dibereskan oleh orang dewasa dengan memasukkannya ke dalam karung.

"Jelas ini mengganggu banget, barang siswa juga ada yang terbakar. Tapi besok katanya ujiannya di SMPN 1 Batujajar. Jamnya sekitar jam 07.00 WIB," ucap Tiara (12), murid kelas VI.

Sebelumnya, api menghanguskan empat kelas (ralat tiga kelas kemarin) di lantai dua madrasah tersebut. Kejadian ini berbuntut pada ditundanya tes hasil belajar (THB) siswa yang sedianya digelar hari ini. (ern/ern)