Ridwan Kamil Tanam 17 Ribu Pohon Hijaukan Kawasan Bandung Utara

Mukhlis Dinillah - detikNews
Senin, 09 Des 2019 13:59 WIB
Ridwan Kamil menanam 17 ribu pohon untuk menghijaukan Kawasan Bandung Utara. (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Ridwan Kamil menanam 17 ribu pohon untuk menghijaukan Kawasan Bandung Utara. (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Beragam cara dilakukan pemerintah untuk mengatasi dampak dari alih fungsi lahan di Kawasan Bandung Utara (KBU). Salah satunya melalui gerakan penanaman 17 ribu pohon bernilai sebagai upaya penghijauan kembali.

Penanaman pohon tersebut dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil beserta Forkopimda di Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Senin (9/12/2019). Langkah ini sebagai upaya mengatasi minimnya lahan hijau akibat alih fungsi lahan.


Ridwan Kamil mengatakan selama ini banyak terjadi bencana alam, khususnya pada musim hujan, di area Kota Bandung dan sekitarnya. Misalnya beberapa tahun ke belakang sempat terjadi banjir bandang di daerah Cicaheum yang membuat rumah hancur.

Salah satu penyebab banjir bandang tersebut adalah kurangnya kawasan hijau yang ada di KBU seperti Desa Cimenyan. Di daerah ini petani hanya menanam sayur tanpa adanya pohon besar yang bisa menyerap air.

"Makanya kita coba mencanangkan kembali. Ini proses kita untuk menyelamatkan KBU, khususnya yang sudah menjadi lahan kritis," ujar RK dalam acara Gerakan Pemulihan DAS Citarum 2019 tersebut.


Menurutnya, petani sebenarnya tidak akan merugi dengan menanam pohon ukuran besar yang telah dicanangkan pemerintah daerah. Sebab, pohon yang ditanam bernilai ekonomi sehingga nantinya buah yang dihasilkan dari tanaman tersebut bisa dijual.


Tonton juga Ridwan Kamil Tolak Kepala Daerah Dipilih DPRD, Ini Alasannya :


Selanjutnya
Halaman
1 2