Jajaran Sapi 'Raksasa' Bertarung Perebutkan Piala Bupati Karawang

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 19:33 WIB
Keseruan kontes sapi memperebutkan Piala Bupati Karawang. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang - Puluhan sapi jumbo meramaikan kontes yang digelar di Lapangan Resinda, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Dalam kontes yang digelar Asosiasi Peternak dan Penggemuk Sapi Indonesia (APPSI) itu hadir sapi-sapi ukuran besar dari berbagai daerah di Indonesia. Tingginya bahkan melebihi pria dewasa.

Dari Kediri misalnya ada Bima Sakti yang merupakan sapi limosin seberat hampir 1,4 ton. Sapi jantan umur 4 tahun itu adalah milik Priyo Santoso dari peternakan UD Putra Jaya, Desa Gadungan, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Sapi setinggi 2 meter dan panjang 3 meter itu meramaikan kompetisi di kelas ekstrem.

"Bima jadi yang paling berat di kontes ini. Kemarin sampai membuat heboh. Saat ditimbang dia berontak dan menyebabkan besi timbangan sampai melengkung," kata Rizal Nurfadilah (24) yang sehari-hari mengurus Bima.


Tak hanya diikuti sapi dari luar negeri semacam limosin atau simmental, kelas ekstrem juga diikuti sapi jenis lokal seperti Peranakan Ongole (PO).

Pantauan detikcom, puluhan sapi dipamerkan berderet bak model. Tapi yang menyita perhatian ada di deretan kelas A PO. Nampak enam sapi putih berpunuk besar berderet. Sapi-sapi itu adalah milik Setio Hermawan (21) dari Berkah Setia Farm, Kabupaten Purworejo.

"Yang ini beratnya kisaran satu ton semua," kata Setio kepada detikcom, Minggu (8/12/2019).

Jajaran Sapi 'Raksasa' Bertarung Perebutkan Piala Bupati KarawangFoto: Luthfiana Awaluddin
Tapi yang jadi andalan Setio dalam kontes Bupati Cup kali ini adalah Gareng. Setio hakul yakin, sapi jantan seberat 1.023 kg miliknya itu jadi salah satu sapi lokal terbesar di Indonesia. Sebab, kata Setio, bobot Gareng tak jauh dari juara kontes sapi Piala Presiden di Sidoarjo tahun lalu.

"Kata komunitas peternak, sapi lokal juara di Piala Presiden beratnya 960 kilogram. Kalau melihat data itu mudah-mudahan Gareng bisa maksimal di kontes ini," kata Setio.

Jajaran Sapi 'Raksasa' Bertarung Perebutkan Piala Bupati KarawangFoto: Luthfiana Awaluddin
Selain kelas ekstrem, kontes sapi memperebutkan Piala Bupati Karawang ini juga mempertandingkan sapi-sapi ukuran baby dan beragam kelas usia. "Total ada 83 ekor sapi juara dari berbagai daerah yang bertanding hari ini," kata Dwi Atmoko, Sekretaris APPSI.

Dwi menuturkan, melalui kontes sapi, APPSI ingin memajukan dunia ternak di Indonesia. "Melalui kontes ini, kami ingin para peternak termotivasi karena melihat sapi-sapi bagus. Sekaligus berbagi tentang branding dan memperluas jaringan," kata Dwi. (tro/tro)