Keseruan Para Ibu Jalan Sehat Sambil Pungut Sampah di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 10:45 WIB
Para ibu mengikuti jalan sehat sambil pungut sampah di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Para ibu mengikuti jalan sehat sambil pungut sampah di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Dalam rangkaian peringatan Hari Ibu, Tim Penggerak PKK bersama Pemkab Ciamis menggelar jalan sehat di Pendopo Kabupaten Ciamis, Minggu (8/12/2019). Berbeda dari biasanya, ribuan warga peserta jalan sehat diajak untuk memungut sampah sepanjang perjalanan sampai finis.

Sebanyak 10 peserta yang berhasil mengumpulkan sampah paling banyak mendapat hadiah dari panitia. Hadiahnya berupa dispenser, helm, rice cooker dan kipas angin.


Di pintu start saat dimulai, panitia membagikan kantong keresek hitam kepada peserta. Nantinya sepanjang perjalanan sekitar 3 kilometer, warga diharuskan memungut sampah. Di garis akhir sampah dari kantong dikumpulkan ke petugas Dinas Kebersihan Ciamis.

Rute yang dilalui peserta dari Halaman Pendopo ke Jalan LLRE Martadinata, kemudian Maleber, Jalan Siliwangi menuju Jalan Jenderal Sudirman lalu kembali ke Pendopo.

"Peserta harus membersihkan sampah sepanjang jalan yang dilalui saat jalan sehat, sudah disediakan hadiah bagi yang berhasil memungut sampah terbanyak," ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di hadapan peserta jalan sehat.

Keseruan Para Ibu Pungut Sampah Sambil Jalan Sehat di CiamisFoto: Dadang Hermansyah
Jalan sehat ini selain membuat badan sehat, juga supaya wilayah perkotaan Ciamis bersih. Mengingat saat ini memasuki musim hujan. Sampah menjadi penyebab utama banjir karena dapat menghambat saluran air di selokan.

Sebelumnya, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Lingkungan Hidup (DPRKPLH) mengeluarkan edaran mengingatkan warga untuk peduli lingkungan.

Keseruan Para Ibu Pungut Sampah Sambil Jalan Sehat di CiamisFoto: Dadang Hermansyah
Imbauan itu ditujukan ke kecamatan hingga tingkat desa untuk diteruskan kepada warga. Dinas bahkan menyebar gambar imbauan melalui media sosial. Isi dari imbauan tersebut warga diminta tidak membuang sampah di sungai dan saluran air karena dapat menghambat aliran sehingga menimbulkan banjir.


Warga diajak melaksanakan kerja bakti dan gotong royong membersihkan saluran air. Memantau kondisi pohon, tiang listrik, reklame dan penerangan jalan umum yang berpotensi tumbang.

"Mari kita wujudkan Ciamis bersih, Ciamis sehat, bersama-sama bergotong royong peduli lingkungan," ujar Herdiat. (tro/tro)