Angin Puting Beliung Rusak Sejumlah Rumah di Linggasari Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 19:22 WIB
Angin puting beliung merusak sejumlah rumah di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Angin puting beliung merusak sejumlah rumah di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Hujan deras disertai angin kencang kembali menerjang wilayah Kabupaten Ciamis, Jumat (6/12/2019) sore. Sejumlah rumah di Blok Tegalpanjang, Kelurahan Linggasari, mengalami kerusakan pada bagian atap.

Menurut warga, angin puting beliung menerjang sekitar pukul 16.00 WIB. Kemudian disusul hujan yang sangat deras. Angin terlihat berputar berwarna hitam dari bawah sampai atas dan menerbangkan genting rumah warga.

"Angin sangat kencang, terlihat hitam dan muih (berputar). Genting rumah terbang lalu berjatuhan. Takut lihatnya. Beberapa pohon tumbang tapi tidak menimpa rumah," ujar Nyai Rohaeti (70) warga sekitar saat ditemui di lokasi kejadian.


Tatang Basir, warga lainnya mengatakan, setelah kejadian ia melihat beberapa rumah mengalami rusak ringan dan sedang. Kerusakan terjadi pada atap rumah dan asbes. Kondisi saat terjadi angin puting beliung ini terasa mencekam, karena puting beliung di wilayah tersebut baru pertama kali terjadi.

"Tadi dilihat ada sekitar 10 rumah yang rusak. 1 rumah milik Pak Bunyamin hampir sebagian genting rumahnya terbawa angin dan berjatuhan. Kalau angin kencang di sini beberapa kali terjadi. Kalau puting beliung sepertinya baru pertama terjadi," katanya.

Angin Puting Beliung Rusak Sejumlah Rumah di Linggasari CiamisFoto: Dadanga Hermansya
Setelah hujan reda, pemilik rumah dan warga langsung membantu membereskan puing-puing genting atap yang terbawa angin. Setelah mendapat laporan dari warga, petugas Pusdalop BPBD Kabupaten Ciamis langsung datang ke lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan dan pendataan.

Simak Video "Begini Kondisi Soppeng, Sehari Usai Diterjang Puting Beliung"

[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)