PN Sumedang Eksekusi Tiga Bidang Tanah di Proyek Tol Cisumdawu

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 18:48 WIB
PN Sumedang eksekusi tiga lahan dan bangunan yang berada di proyek Tol Cisumdawu. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Sumedang - Tiga bidang tanah di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dieksekusi Pengadilan Negeri (PN) Sumedang karena berada di kawasan terdampak proyek Tol Cisumdawu.

Pantauan detikcom Jumat (6/12/2019) sore, eksekusi lahan dijaga ketat gabungan TNI, Polri dan Satpol PP Kabupaten Sumedang. Sempat terjadi penolakan dan perlawanan dalam bentuk lisan dari pemilik lahan. Namun karena putusan sudah inkrah akhirnya tiga bidang tanah tersebut tetap dibongkar menggunakan dua alat berat.

Kuasa hukum pemilik tiga bidang tanah Yislam Alwini mengatakan, lahan tersebut belum dijual Yono selaku pemilik tanah.

"Bahwa tempat ini secara yuridis formal punya Pak Yono, ada sertifikat. Belum pernah dijual kepada sipapaun, belum pernah terima uang dari siapapun, tiba-tiba ada putusan pengadilan yang menyatakan bukan punya Pak Yono lagi, itu tidak bisa," kata Yislam kepada wartawan.


Ia mengungkapkan, Yono selaku pemilik rumah tidak mengizinkan PN Sumedang untuk melakukan eksekusi. Menurutnya hal itu sudah melanggar hukum.

"Karena siapa saja yang masuk pekarangan ini tanpa izin, melanggar pidana. Ini akan kita laporkan, panjang ini urusannya. Kemudian menakut-nakuti dengan banyak jumlah personel itu juga bagian dari pelanggaran pidana, kemudian apabila melakukan perusakan itu bagian pidana. Bisa masuk dan melakukan perusakan, itu perbuatan melanggar hukum," katanya.


Pihaknya akan melaporkan aksi semena-mena itu kepada pimpinan Polri dan presiden. "Akan kami laporkan ke Bareskrim dan Presiden Jokowi," ujarnya.

Seperti diketahui, tiga bidang tanah itu di antaranya tanah seluas 633 meter persegi berikut bangunan, 69 meter persegi lahan tanah dan 69 meter persegi lahan tanah dengan nilai lebih dari Rp 1,5 miliar.

Simak Video "Jokowi Resmikan Tol Kunciran-Serpong"


Selanjutnya
Halaman
1 2