Tekan Kecelakaan, Polisi-Dishub Majalengka Pasang CCTV di Setopan

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 16:08 WIB
Dishub dan Polres Majalengka pasang CCTV di sejumlah setopan. (Foto: dok. Polres Majalengka)
Majalengka - Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polres Majalengka memasang CCTV di sejumlah titik setopan. Pemasangan CCTV tersebut bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"CCTV kami pasang di sejumlah titik. Kendaraan yang melanggar di jalan supaya bisa terekam. Saat ini baru uji coba," kata Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Endang Sujana dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (6/12/2019).


Endang menyebutkan CCTV tersebut terhubung dengan internet. Saat ini uji coba dilakukan di setopan Jalan KH Abdul Halim. "Ada dua kamera yang dipasang, kamera rotasi 360 derajat dan statis," kata Endang.

Menurut Endang, pemasangan CCTV yang terkoneksi dengan sambungan internet itu memudahkan petugas untuk menindak pelanggar. Sebab, pelanggar akan langsung terintegrasi dengan data yang ada.

"Ke depan akan kami sosialisasikan ke masyarakat. Ini kerja sama antara Polres Majalengka dengan Dishub," ucapnya.


Pihaknya berharap kamera pemantau bisa memberikan efek jera terhadap masyarakat, sehingga pengendara bisa tertib.

"Masing-masing punya tujuan. Bagi kami keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran bisa terlaksana, sehingga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas dan terciptanya budaya tertib lalu lintas," kata Endang. (tro/tro)