Kendalikan Inflasi, Pemkot Bandung Luncurkan Program Kampung Berkebun

Mochamad Solehudin - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 13:43 WIB
Pemkot Bandung meluncurkan program Kampung Berkebun untuk mengendalikan inflasi. (Mochamad Solehudin/detikcom)
Pemkot Bandung meluncurkan program Kampung Berkebun untuk mengendalikan inflasi. (Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pemerintah Kota Bandung meluncurkan program Kampung Berkebun Peduli Inflasi. Melalui program tersebut, diharapkan laju inflasi di Kota Bandung bisa dikendalikan dengan baik.

Siang tadi, Wali Kota Bandung Oded M Danial secara langsung meresmikan program tersebut di RW 04, Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Jumat (6/12/2019). Sejumlah pihak hadir, termasuk perwakilan dari Bank Indonesia, dalam acara peluncuran itu.


Dalam peluncuran itu, Oded bersama tamu undangan lainnya menyempatkan melihat perkebunan yang dibuat warga dengan penuh inovasi. Melalui konsep berkebun urban farming, warga memanfaatkan bantaran sungai sebagai lahan berkebun.

Beragam tumbuhan dibudidayakan oleh warga, seperti sayuran, buah-buahan, dan tanaman produktif lainnya. Semua itu dibuat dan hasil budi dayanya dimanfaatkan langsung oleh warga.


Oded cukup kagum atas apa yang dilakukan masyarakat. Dia yakin program Kampung Berkebun Peduli Inflasi bisa menjaga ketahanan pangan sekaligus menjadi pengendali inflasi di kota berpenghuni kurang-lebih 2,5 juta penduduk ini.

"Hari ini alhamdulillah kita me-launching Bandung Berkebun Peduli Inflasi. Ini bagian dari program Pemkot dalam pelaksanaan penguatan urban farming. Tujuannya adalah terkait dengan inflasi, mudah-mudahan, kalau sudah dilaksanakan di setiap wilayah, bisa berpengaruh terhadap inflasi daerah," ucap Oded seusai peresmian.
Selanjutnya
Halaman
1 2