Pengamen Inisiatif Gelar Sosialisasi dan Tes HIV di Terminal Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 12:02 WIB
Pengamen menggelar sosialisasi dan tes HIV/AIDS di Terminal Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Pengamen menggelar sosialisasi dan tes HIV/AIDS di Terminal Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Kegiatan inspiratif dilakukan oleh para pengamen di Ciamis dalam memperingati Hari AIDS 2019. Komunitas Pemusik Jalanan (KPJ) Ciamis menggelar sosialisasi dan pemeriksaan HIV/AIDS gratis di Terminal Ciamis.

Tes HIV ini difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis. Sasarannya sopir angkutan, armada bus, warga terminal seperti pedagang termasuk para pengamen sendiri. Semua warga terminal diajak mengikuti tes untuk deteksi dan pencegahan penularan.


Kegiatan ini mendapat dukungan dari warga terminal. Beberapa menit sesaat layanan kesehatan itu dibuka, sejumlah warga terminal dengan antusias antre untuk melakukan tes tersebut.

Pengamen Inisiatif Gelar Sosialisasi dan Tes HIV di Terminal CiamisFoto: Dadang Hermansyah
Selain tes, dilaksanakan juga sosialisasi tentang pencegahan penularan HIV/AIDS melalui panggung musik dengan tema Edutainment Event World AIDS Day 2019.

"Kegiatan edukasi lewat entertainment. Memberikan edukasi mengenai penularan dan pencegahan sekaligus melakukan tes HIV. Kegiatan ini secara mandiri digelar oleh komunitas pemusik jalanan atau pengamen. Didukung oleh Dinas Kesehatan Ciamis," ujar Deni Weje pegiat HIV di Terminal Ciamis, Kamis (5/12/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2