detikNews
2019/12/04 12:47:01 WIB

Bulog Cirebon Jamin Stok Beras di Gudang Tak Alami Pembusukan

Sudirman Wamad - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bulog Cirebon Jamin Stok Beras di Gudang Tak Alami Pembusukan Bulog Cirebon pastikan stok beras di gudang dalam kondisi baik. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Sebanyak 20.000 ton beras yang disimpan di gudang Perum Bulog terancam mengalami pembusukan atau penurunan mutu. Sebab, stok beras tersebut sudah berbulan-bulan di simpan di gudang.

Perum Bulog Cabang Cirebon memastikan stok beras yang berada di gudang tak mengalami penurunan kualitas atau tak terancam membusuk. "Yang 20.000 ton beras itu di wilayah kami tidak ada. Di sini masih aman, kualitas terjaga," kata Wakil Pimpinan Perum Bulog Cabang Cirebon Chrisvon Tua Situmorang saat berbincang dengan detikcom di gudang Bulog Pegambiran Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019).


Chrisvon mengatakan, Bulog memiliki standar operasional terkait perawatan stok beras yang berada di gudang. Tujuannya agar kualitas stok beras yang disimpan di gudang terjaga dengan baik.

"Kita punya standar mutunya. Seperti membuka ventilasi, menjaga kebersihan, membersihkan hama dan kotoran, ada fumigasi juga," kata Chrisvon.


Kendati demikian, penurunan kualitas beras tak hanya diakibatkan oleh faktor lingkungan. Sebab, secara alamiah beras yang tersimpan lama dengan sendiri mengalami penurunan kualitas.

"Enam bulan itu memang bisa terjadi penurunan. Tapi kita jaga kualitasnya. Kemudian, kita juga lakukan penyeimbangan melalui penyaluran, sehingga barang tidak terlalu lama," ucap Chrisvon.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com