Hilang di Gunung Cikuray, Pendaki Asal Jakarta Ditemukan Selamat

Hilang di Gunung Cikuray, Pendaki Asal Jakarta Ditemukan Selamat

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 11:58 WIB
Gunung Cikuray Garut (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Gunung Cikuray Garut (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Guruh (25), seorang pendaki asal Jakarta, dikabarkan terpisah dari rombongan dan menghilang saat mendaki Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Setelah dicari, dua hari kemudian Guruh ditemukan selamat.

Danramil Cilawu Garut Kapten Edi Subekti mengatakan mulanya Guruh melaksanakan pendakian bersama sejumlah temannya pada Sabtu (30/11) lalu. "Bersangkutan melakukan pendakian ke Gunung Cikuray melalui jalur pemancar. Korban berangkat bersama teman-temannya," ujar Edi, Selasa (3/12/2019).

Edi mengatakan setelah sehari bermalam di Gunung Cikuray, Guruh bersama rekan-rekannya kemudian berniat untuk kembali turun dari puncak Gunung Cikuray pada Minggu (1/12) siang.

Saat perjalanan ke bawah, sambung Edi, entah apa penyebabnya, Guruh kemudian terpisah dari rombongan.

"Rekan-rekan korban kemudian melapor ke pos. Setelah itu, tim SAR gabungan kemudian melakukan pencarian," kata Edi.

Anggota TNI bersama komunitas pendaki seperti Pemancar, Waruga dan Baraya Cikuray menyisir lokasi titik diduga Guruh menghilang. Setelah melalui proses pencarian, Guruh akhirnya dapat ditemukan pada Senin (2/12) malam di sekitaran pos 6 Gunung Cikuray.

"Jadi korban ini tersesat dan terpisah dari rombongan. Menyadari dia tersesat, dia memutuskan untuk bertahan di atas sembari menunggu bantuan datang," ujarnya.

"Alhamdulillah korban kami temukan dalam keadaan sehat dan selamat," kata Edi. (bbn/bbn)