detikNews
Senin 02 Desember 2019, 20:14 WIB

Kejari Bandung Tahan Tersangka Pemalsuan Surat Waris

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kejari Bandung Tahan Tersangka Pemalsuan Surat Waris Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Kejaksaan Negeri Kota Bandung menjebloskan tersangka kasus pemalsuan surat warisan Rahmat Luke Surya Paluhulawa (49) ke Rutan Bandung (Kebonwaru). Kasus tersebut segera diseret ke meja hijau.

Luke dijebloskan ke Rutan Bandung sore tadi, Senin (2/12/2019). Luke dibawa ke Kejari Bandung oleh penyidik Sat Reskrim Polrestabes Bandung lantaran prosesnya sudah P21.

Memakai kemeja putih, pria berkacamata tersebut langsung dimasukkan ke dalam mobil tahanan Kejari Bandung. Mobil tersebut kemudian melaju menuju ke Rutan Bandung.

"Hari ini, kami menerima pelimpahan terkait kasus pemalsuan surat. Tersangka dibawa ke Rutan Kebonwaru," ucap Kasi Pidum Kejari Bandung Guntur Wibowo kepada wartawan di Kantor Kejari Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung.

Guntur mengatakan tersangka dijerat Pasal 266 dan 263 KUHP tentang pemalsuan dan penipuan. Namun, dia tak menjelaskan secara rinci duduk perkara dari kasus ini.

"Duduk perkaranya nanti di pengadilan," katanya.

Guntur menyatakan setelah pelimpahan ini, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lagi terhadap tersangka. Menurutnya, perkara ini akan segera dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan.

"Secepatnya akan kami limpahkan ke pengadilan. Tidak lama lagi," tuturnya.

Luke berperkara dengan ibu tirinya Dian Novina. Luke dilaporkan oleh Dian ke Polrestabes Bandung karena memalsukan surat keterangan ahli waris ayahnya M Willy Suganda yang juga suami Dian.

Selain kasus dugaan pemalsuan surat ahli waris, Luke juga dilaporkan atas kasus penipuan dan penggelapan. Luke menipu Eddy S Germania dengan total kerugian mencapai miliaran rupiah.
(dir/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com