Tahun Ini Guru Pensiun di Ciamis Capai 700, CPNS Hanya 277 Kuota

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 02 Des 2019 12:07 WIB
Foto: Dadang Hermansyah
Foto: Dadang Hermansyah
Bandung - Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Ciamis menyebut setiap tahun PNS di Ciamis yang pensiun sekitar 1.300 orang, 700 di antaranya adalah guru. Total keseluruhan anggota Korpri Ciamis saat ini sekitar 10 ribu.

"Untuk tahun ini yang purna bakti 1.300. Nanti tanggal 4 Desember melepas 340 PNS yang purna bakti," ujar Ketua Korpri Ciamis Tatang usai upacara peringatan HUT Korpri ke 48 di Taman Lokasana, Senin (2/12/2019).

Sedangkan kuota CPNS tahun 2019 ini hanya 277, itu untuk semua formasi. Kuota untuk tenaga pendidik dan kependidikan hanya 155 orang. Tentunya jumlah tersebut tak bisa menutup kekurangan guru di Ciamis.

Dengan jumlah sekitar 700 guru yang pensiun setiap tahun, tentunya terjadi kekosongan baik di SD maupun SMP. Guna mengatasi kekosongan tersebut disiasati dengan guru rangkap. Bahkan keberadaan guru honorer atau sukwan di sekolah sangat membantu kekosongan tersebut.

"Mengisi kekosongan itu ada istilah guru rangkap. Juga ada guru bantu seperti guru honorer atau sukwan," ucap Tatang yang juga Kepala Dinas Pendidikan Ciamis.

Dalam momen HUT Korps ke 48 ini, Tatang berharap para anggota untuk meningkatkan sumber daya manusia. Meningkatkan profesionalitas terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan Korpri sebagai organisasi PNS diharapkan dapat mengorganisasikan para pegawai. Untuk menjadi pelayan masyarakat. Dalam melayani PNS juga harus mampu mengikuti perkembangan yang ada.

"Saat ini teknologi berkembang pesat dan era 4.0 jadi para PNS harus bisa menyesuaikan dengan kondisi itu," ujar Yana.





Tonton juga video Kejagung Larang LGBT Jadi CPNS, PPP: Agar Tak Menular:

[Gambas:Video 20detik]

(ern/ern)