detikNews
Minggu 01 Desember 2019, 22:20 WIB

Kecelakaan Maut Di Tol Cipali

Terungkap, Sopir Avanza Pacu Kecepatan 100 Km di Jalur Lambat

Dian Firmansyah - detikNews
Terungkap, Sopir Avanza Pacu Kecepatan 100 Km di Jalur Lambat Foto: Istimewa
Subang - Polisi melakukan olah Tempat Kejadian Perkara kecelakaan di Tol Cipali yang menewaskan enam penumpang dan seorang luka. Terungkap, sopir minibus memacu kecepatannya hingga 100 km di jalur lambat.

Tim gabungan dari Laka Lantas Polres Subang yang di hadiri Kapolres Subang, Kasubdit Gakum Polda Jabar, dan Tim RAR TAA Polda Jabar. Olah TKP dilakukan pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB dan mengungkap berbagai fakta.

Mulai dari mengungkap kecepatan kedua kendaraan hingga mendapatkan gambar secara 3D dengan alat Laser Scanner Leica sebelum kecelakaan, ketika kecelakaan dan setelah kecelakaan.

"Hasil sementara diduga sopir tidak kosentrasi dan tidak bisa mengendalikan kendaraannya dalam kecepatan tinggi," ujar Kanit Laka Polres Subang Iptu Zaenudin melalui pesan singkat kepada detikcom, Minggu (01/12/2019).

Kanit pun menjelaskan perihal olah TKP yang dilakukan baik secara manual maupun menggunakan alat canggih tersebut.

"Dengan alat yang canggih, kita berhasil mengungkap kecepatan minibus avanza lebih dari 100 km/jam dan kendaraan truk 60 km/jam. Di sekitar lokasi kejadian pun tidak ditemukan adanya bekas pengereman dari kendaraan avanza", kata Kanit.

Meski demikian, polisi belum menetapkan sopir minibus avanza menjadi tersangka kasus kecelakaan ini, pihaknya masih melakukan penyidikan dan penyelidikan. Diketahui sopir minibus avanza atas nama Sutarno ikut menjadi korban tewas dalam kecelakaan ini.

Kecelakaan maut ini terjadi di Tol Cipali Km 113, Subang, Jawa Barat, Minggu (1/12/2019) pagi. Minibus yang berpenumpang 7 orang termasuk sopir ini menabrak bagian truk yang mengangkut sepeda motor hingga tersangkut di bawah truk dan terseret ratusan meter.


(ern/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com