Ikut Reuni 212, Puluhan Warga Bandung Bertolak ke Jakarta Malam Ini

Mukhlis Dinillah - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 21:26 WIB
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Puluhan warga Bandung yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Islam (API) Jabar akan mengikuti Reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019). Kedatangan mereka untuk bersilaturahmi sekaligus penasaran dengan isu kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab.

Berdasarkan pantauan detikcom, Minggu (1/12/2019) pukul 20.00 WIB, puluhan warga Bandung tersebut berkumpul di teras Masjid Pusdai, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Mereka rencananya berangkat sekitar pukul 22.00 WIB menggunakan satu unit bus.

"Kami rencananya ada 60 orang yang berangkat dari Bandung ke Jakarta. Kita berangkat sekitar jam 22.00 WIB," kata koordinator keberangkatan, Dede Sudirman kepada detikcom.

Ia menuturkan tujuan keberangkatan mereka ke Jakarta tak lain untuk bersilaturahmi dengan umat Islam yang datang dari penjuru tanah air. Mengingat, reuni 212 sudah menjadi agenda tahunan berkumpulnya umat muslim.

"Karena menurut saya reuni (212) ini merupakan pertemuan umat Islam setahun sekali tanpa ada paksaan atau ajakan. Timbul dari hati sanubari. Tanpa ada membiayai, iuran sendiri. Hal ini menjadikan kami keterikatan batin," ungkap anggota API Jabar ini.
Ikut Reuni 212, Puluhan Warga Bandung Bertolak ke Jakarta Malam IniFoto: Mukhlis Dinillah


Menurutnya dalam pelaksanaannya nanti juga menjadi ajang bermunajat kepada Allah agar umat Islam terus bersatu. Sekaligus berdoa untuk kemaslahatan bangsa Indonesia.

"Selain bersilaturahmi juga momen bermunajat kepada Allah. Untuk Islam dan bangsa Indonesia," ucap dia.

Diakuinya alasan lainnya mengikuti reuni 212 kali ini karena kabar kepulangan Habib Rizieq Syihab ke Indonesia. "Betul salah satunya (isu) kepulangan habib Rizieq Syihab. Tapi tentu utamanya ajang silaturahmi," ujar Dede.

Warga Bandung lainnya yaitu Amirullah mengaku rutin mengikuti reuni 212 sejak tiga tahun terakhir. Menurutnya ajang ini merupakan bukti persatuan umat muslim di Indonesia.

"Spirit umat Islam bersatu di sana. Makanya saya selalu rutin ikut reuni 212," kata anggota Api Jabar tersebut.


(mud/ern)