Penambangan Gn Sirnalanggeng: Warga Menolak, Pemdes Mendukung

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 15:11 WIB
Kondisi Gunung Sirnalanggeng di Kabupaten Karawang yang tinggal setengah akibat penambangan. (Foto: dokumentasi Koalisi Melawan Tambang)
Kondisi Gunung Sirnalanggeng di Kabupaten Karawang yang tinggal setengah akibat penambangan. (Foto: dokumentasi Koalisi Melawan Tambang)
Karawang - Aliansi Pemuda Sirnalanggeng membuat survei ihwal penambangan di Gunung Sirnalanggeng. Hasilnya, 73 persen warga di kaki gunung itu menolak. Namun sejumlah kepala desa malah setuju.

"Kami melakukan jajak pendapat kepada warga di lima desa di kaki Gunung Sirnalanggeng. Kami ingin tahu sikap warga terhadap aktivitas pertambangan itu," kata Muhammad Iqro, Ketua Aliansi Pemuda Peduli Sirnalanggeng, saat dihubungi via telepon, Kamis (28/11/2019).


Iqro menuturkan telah melakukan jajak pendapat kepada 1.405 warga yang tinggal di kaki Gunung Sirnalanggeng. Hasilnya, 1.030 warga menolak aktivitas pertambangan dan 375 orang setuju. "Kami kumpulkan tanda tangan 1.030 warga yang menolak pertambangan. Kami menyerahkannya ke Dinas Lingkungan Hidup Karawang," kata Iqro.

Namun hasil survei Iqro dan kawan-kawannya berbeda dengan sikap sejumlah kepala desa di kaki Gunung Sirnalanggeng. Sejumlah kades terindikasi kuat mendukung penambangan.


Terlihat dari secarik surat persetujuan tanggal 22 Juli 2019. Surat itu isinya menyetujui Gunung Sirnalanggeng ditambang PT Atlasindo Utama. Surat itu disebut-sebut diteken oleh Emuh, Kades Cintalanggeng; Yati Siti Nurlitasari, Kades Kutalanggeng; Ade Witarsa, Kades Cintalaksana; dan Agus, Kades Cintawargi.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3