detikNews
Selasa 26 November 2019, 18:12 WIB

Jelang Akhir Tahun, Stok Beras di Jabar Melimpah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jelang Akhir Tahun, Stok Beras di Jabar Melimpah Ilustrasi ketersediaan beras. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Bandung - Bulog Divisi Regional (Divre) Jawa Barat memastikan pasokan beras untuk wilayah Jabar hingga akhir tahun ini aman. Ketersediaan beras di Bulog Jabar mencapai 215 ton.

Kepala Bulog Divre Jabar Benhur Ngkaimi mengatakan stok beras di gudang Bulog Divre Jabar melimpah. Menurutnya, pasokan tak hanya aman sampai akhir tahun, bahkan hingga tahun 2020 bila mengacu pada kebutuhan masyarakat Jabar.

"Kebutuhan masyarakat Jawa Barat itu idealnya 40 ton per bulan, kurang lebih sekarang stok kita ada 215 ribu ton, kami akan terus menjaga ketersediaan stok di sini," ujar Benhur di Gudang Bulog Divre Jabar, Jalan Gedebage, Kota Bandung, Selasa (26/11/2019).


Stok beras yang melimpah, dia meyakini masyarakat Jabar tidak mengalami kekurangan beras. Bahkan, dengan stok yang ada, Jabar dapat membantu daerah lain yang kehabisan stok.

"Kalau misalkan kita punya stok 120 ton, berarti aman sampai tiga bukan dengan asumsi stok tidak nambah. Kalau misalnya stok nambah, kan beda lagi," ucapnya.

Meskipun sempat terjadi kekeringan, dia menyatakan hal itu tak mengubah pasokan beras Bulog Jabar. Sebab saat musim panen, Bulog mampu menyerap banyak stok guna menjaga ketersediaan.

"Mungkin ketersediaan di masyarakat atau petani berdampak ya. Tapi ketersediaan di pemerintah dalam hal ini Bulog sangat melimpah," tutur Benhur.
(dir/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com