TNI Siap Bantu Negara ASEAN Perangi Hoaks

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 16:15 WIB
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (Foto: dok. Pendam Siliwangi)
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (Foto: dok. Pendam Siliwangi)
Bandung - TNI Angkatan Darat (AD) siap membantu negara-negara tetangga di ASEAN bila ada kesulitan. Bantuan diberikan terutama dalam masalah keamanan negara.

Hal itu disampaikan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dalam acara ASEAN Chiefs of Army Multilateral Meeting (ACAMM) yang digelar di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Senin (25/11/2019). Ia berbicara di hadapan para pimpinan angkatan bersenjata negara ASEAN.

"Saya akan menghubungi dan jika perlu saya mendatangi negara-negara tetangga ini sehingga tahu apa yang dibutuhkan," ucap Andika.


Andika menjelaskan negara-negara ASEAN harus saling membantu, sehingga tercipta kekompakan dalam hal menjaga pertahanan.

"Kebersamaan harus diutamakan," ucapnya.

Selain masalah keamanan, Andika menyoroti soal informasi hoaks yang saat ini marak berkembang. Menurutnya, hal ini menjadi pekerjaan rumah bersama untuk diatasi.

"Jangan sampai negara-negara ASEAN ini memiliki image yang buruk, bahkan diibaratkan sebagai musuh bersama. Maka dari itu, kita juga akan membantu dalam penanganan berita-berita bohong atau hoaks yang mengancam keamanan negara," tutur Andika.

(dir/bbn)