Hatta Rajasa Terima Doktor Honoris Causa dari ITB

Baban Gandapurnama - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 12:21 WIB
Rektor ITB Kadarsyah memberikan medali doktor kehormatan kepada Hatta Rajasa. (Foto: dok. Istimewa)
Rektor ITB Kadarsyah memberikan medali doktor kehormatan kepada Hatta Rajasa. (Foto: dok. Istimewa)
Bandung - Mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa menerima anugerah gelar doktor kehormatan (doktor honoris causa) dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Gelar doktor kehormatan diberikan ITB sebagai penghormatan atas prestasi, capaian, dan warisan yang dicatatkan Hatta dalam kebijakan publik.

Kegiatan penganugerahan doktor kehormatan itu berlangsung di Aula Barat ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (25/11/2019). Sekadar diketahui, apresiasi bidang kebijakan publik ini merupakan yang kedua yang diperoleh Hatta, setelah mendapatkan award dari Asia Society di Amerika Serikat pada 2011.

Prof Dr B Kombaitan MSc, selaku ketua tim promotor, mengatakan pemikiran Hatta tentang kebijakan publik terinspirasi pemikiran-pemikiran John Maynard Keynes, yang membawa perubahan besar dalam kebijakan ekonomi Inggris di era Great Depression pada 1930-an. "Di era itu, di tengah-tengah meluasnya kepercayaan akan gagasan pasar bebas dalam paham ekonomi neoklasik, Keynes mengedepankan kembali peranan negara melalui intervensi kebijakan publik dalam mendorong permintaan untuk memacu pertumbuhan ekonomi," tutur Kombaitan saat membacakan sambutan pertanggungjawaban akademik.

Hatta selama sekitar 15 tahun berkiprah di bidang politik dan birokrasi. Mantan Ketua Umum PAN ini pernah menjabat menteri di era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kombaitan menilai Hatta menekankan pentingnya bergerak lebih jauh dari kebijakan ekonomi Keynesian, menuju Beyond Keynesian. Selain itu, dengan mengadopsi pemikiran Michael E Porter tentang keunggulan kompetitif, Hatta mendorong peranan negara dalam meningkatkan daya saing dan kemampuan para produsen untuk memproduksi barang-barang yang berdaya saing, sehingga konsumen membeli barang-barang tersebut.
Selanjutnya
Halaman
1 2