Ridwan Kamil Siap Terjemahkan Pidato Nadiem Jadi Kebijakan Daerah

Mochamad Solehudin - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 10:31 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil membacakan pidato Mendikbud Nadiem Makarim saat upacara Hari Guru Nasional di Lapangan Gasibu, Kota Bandung. (Mochamad Solehudin/detikcom)

Sebagai orang nomor satu di Jawa Barat, Emil mengaku siap menerjemahkan isi pidato Mendikbud itu menjadi sebuah kebijakan di daerah. Meski belum menjelaskan secara rinci langkah yang disiapkan, namun dia akan berupaya menjadikan pendidikan ini jauh lebih berkualitas.

"Akan kita terjemahkan yang dimaksud, supaya intinya (pembelajaran) ini tidak hanya monoton dengan kurikulum-kurikulum mayoritas menghafal. Guru terbebani hal-hal administrasi yang akhirnya waktu belajar berkreativitas menjadi kurang. Kita perwakilan pemerintah pusat, akan terjemahkan menjadi kebijakan di Jawa Barat," tutur Emil.


Dalam kesempatan itu, Emil menegaskan akan lebih memperhatikan kesejahteraan guru-guru honorer. Beberapa program telah dia siapkan agar kesejahteraan guru honorer di Jabar jauh lebih baik.

"Terkait guru honorer, saya kira semua kekurangan akan kita perbaiki. Setiap tahun juga kita selalu berikan perbaikan anggaran tahun depan," ujar Emil.
(mso/bbn)