detikNews
2019/11/21 22:32:22 WIB

DPR Sebut Indonesia Darurat Gedung Sekolah Rusak

Mukhlis Dinillah - detikNews
Halaman 1 dari 2
DPR Sebut Indonesia Darurat Gedung Sekolah Rusak Puing-puing Aula SMKN 1 Miri Sragen yang Ambruk Diterjang Angin (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Jakarta - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyoroti berbagai kejadian sekolah rusak dan ambruk yang terjadi. Terbaru adalah kasus yang terjadi di SMKN Miri, Sragen, Jawa Tengah yang menyebabkan puluhan siswa menjadi korbannya.

"Kami menilai Indonesia masuk kondisi darurat gedung sekolah rusak. Karena dalam waktu yang tidak berselang lama sekolah-sekolah banyak yang ambruk dan ada korban," ujar Huda dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (21/11/2019).


Ketua DPD PKB Jabar ini menyoroti sejumlah kasus gedung ambruk adalah bangunan baru. Seperti kasus ambruknya aula di SMKN Giri yang baru dibangun pada tahun 2015 dan SDN Gentong Pasuruan yang baru dibangun pada 2016.

Menurut Huda, gedung yang dibangun menggunakan uang negara itu terkesan rapuh. Terlebih jika dibandingkan usianya yang belum sampai lima tahun.

"Kami mempertanyakan bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan gedung sekolah yang dibangun dengan uang rakyat yang justru membahayakan peserta belajar-mengajar," ucapnya.


Huda mendesak Kemendikbud melakukan sensus nasional terhadap gedung sekolah terkait kualitas dan keamanannya. Jangan sampai, kata Huda, terjadi ambruk kembali terlebih kini sudah mulai memasuki musim hujan. "Jangan sampai kembali jatuh korban," ujarnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com