Fakta Pelaku Pembongkaran Puluhan Makam di Tasikmalaya Adalah Anjing

Deden Rahadian - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 15:49 WIB
Polres Tasikmalaya memastikan pelaku pembongkaran puluhan makam di Tasikmalaya adalah anjing. (Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya - Polisi telah memastikan pelaku pembongkaran makam di TPU Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, adalah dua ekor anjing. Bagaimana polisi bisa memastikan hal tersebut?

Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra menjelaskan jajarannya bersama warga melakukan penyelidikan bersama untuk mencari pelaku yang sempat meresahkan warga tersebut.

"Kami lidik dan pasang juga CCTV. Ternyata kami pastikan anjing yang menggali makam itu ada dua ekor, putih dan cokelat," kata Dony di Mapolres Tasikmalaya, Kamis (21/11/2019).


Sebelumnya, pada 11 November lalu, masyarakat kembali menemukan makam yang tergali. Setelah dilakukan patroli, ditemukan dua anjing yang berada di atas makam.


Melihat hal tersebut, warga berinisiatif memasang batu bata di atas makam. Hasilnya, selang beberapa waktu ditemukan jejak kaki anjing di atas batu bata tersebut.

"Masyarakat berinisiatif menyimpan bata di kedalaman 10-15 cm sebelum makam ditutup kembali. Ternyata, setelah dicek lagi, ditemukan bekas kaki anjing," katanya.

Fakta Pelaku Pembongkaran Puluhan Makam di Tasikmalaya Adalah AnjingFoto: Deden Rahadian/detikcom
Hal itu dikuatkan dengan rekaman CCTV di makam. Warga mengurung anjing miliknya. Sejak saat itu, makam tak ada lagi yang tergali.

"Jadi kesimpulan kami pada kasus pembongkaran atau penggalian tanah kuburan ini, dari petunjuk-petunjuk yang ada di lapangan, fakta di lapangan, bahwa pelaku pembongkaran tanah makam dilakukan oleh hewan anjing," ujar Dony.



Anjing Misterius di Makam Tergali Tasikmalaya :

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(tro/tro)