15 Ribu Pohon Produktif Hijaukan Kota Bandung

15 Ribu Pohon Produktif Hijaukan Kota Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 12:12 WIB
Ilustrasi penanaman pohon. (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Ilustrasi penanaman pohon. (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung mengelar penanaman pohon secara serentak di 30 kecamatan saat bertepatan Hari Pohon Sedunia yang diperingati pada 21 November setiap tahunnya. Sebanyak 15 ribu pohon produktif berbagai jenis telah disiapkan untuk kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menuturkan kegiatan yang diberi tajuk 'Bandung Menanam Jilid I' akan dipusatkan di Kelurahan Rancabolang, Kecamatan Gedebage. Kegiatan itu rencananya dipimpin langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial.


Menurut Gin Gin, kegiatan 'Bandung Menanam Jilid I' dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup di kota berjumlah penduduk sekitar 2,5 juta ini. Selain itu, kata dia, penanaman ribuan pohon diharapkan mampu meningkatkan ruang terbuka hijau (RTH) yang memang masih kurang di Kota Bandung.

"Dari segi konsep kita mendukung misi Kota Bandung nyaman melalui perencanaan kota. Salah satunya melalui peningkatan kualitas RTH," katanya, Rabu (20/11/2019).

Ia mengungkapkan ada 15 ribu pohon bantuan dari berbagai pihak telah disiapkan untuk kegiatan tersebut. Belasan pohon itu telah disebar ke 30 kecamatan untuk nantinya ditanam secara bersama-sama pada Kamis (21/11/2019).

"Pohon sudah diberikan ke camat-camat, lubang, pupuk kandang dan sebagainya sudah siap," ujar Gin Gin.


Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan, pohon yang ditanam merupakan tanaman produktif seperti buah-buahan. Hal itu dimaksudkan agar pohon yang ditanam bisa dimanfaatkan hasilnya oleh masyarakat.

"Misalkan kalau di Cicendo daerah padat pemukiman, kita kasih tanaman jeruk lemon yang sekiranya tidak menyita banyak lahan. Kita siapkan sedikitnya ada 15 jenis tanaman buah yang berbeda pokoknya disesuaikan dengan karakter daerah masing-masing," kata Gin Gin.

Selain penanaman belasan ribu pohon, di waktu yang sama juga turut dilakukan penyebaran bibit ikan. Kurang lebih ada sebanyak 82 ribu bibit ikan siap ditebar ke kolam retensi dan sejumlah sungai di 30 kecamatan.



Tonton juga video Sisa-sisa Kampung Gajah, Wahana Rekreasi yang Ditinggalkan:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/bbn)