detikNews
Senin 18 November 2019, 09:21 WIB

Faktor Usia, Jembatan Roma Penghubung 2 Desa di Ciamis Ambruk

Dadang Hermansyah - detikNews
Faktor Usia, Jembatan Roma Penghubung 2 Desa di Ciamis Ambruk Jembatan Roma penguhubung dua desa di Ciamis ambruk. (Foto: Istimewa)
Ciamis - Jembatan sungai penghubung antar desa di Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tiba-tiba ambruk. Akibatnya aktifitas warga terhambat, karena jembatan tersebut salah satu akses vital.

Jembatan dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter ini berada di atas Kali Roma. Terbuat dari kayu pohon. Jembatan sudah ada sejak zaman Belanda, menghubungkan Desa Tanjungsari dan Desa Pasawahan, Kecamatan Banjaranyar.

"Jembatan Kali Roma ambruk kemarin, ini merupakan akses penghubung transportasi warga dua desa. Penyebabnya dugaan sementara jembatan sudah tua dimakan usia," ujar Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Deni Permana saat dihubungi, Senin (18/11/2019).


Hal ini berdampak pada terganggunya roda perekonomian masyarakat dan akses pendidikan bagi anak-anak sekitar.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjungsari Usman menuturkan, dampak jembatan ambruk aktivitas jual beli hasil bumi masyarakat menjadi terkendala. Bahkan anak sekolah yang akan menempuh pendidikan harus memutar jalan dengan jarak yang cukup jauh.

Faktor Usia, Jembatan Roma Penghubung 2 Desa di Ciamis AmbrukFoto: Istimewa
"Jalan penghubung dua desa kini tidak bisa dilalui kendaraan baik roda empat maupun kendaraan roda dua," ucapnya.

Warga setempat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk segera memperbaiki jembatan yang membentang di atas Kali Roma tersebut. Sehingga roda perekonomian dan pendidikan kembali berjalan dengan lancar.
(tro/tro)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com