detikNews
Jumat 15 November 2019, 17:08 WIB

Pesisir Pantai Utara Karawang Tercemar Minyak Mentah Lagi

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Pesisir Pantai Utara Karawang Tercemar Minyak Mentah Lagi Foto: Pertamina
Karawang - Pesisir utara Karawang, Jawa Barat dikabarkan kembali tercemar minyak mentah Pertamina. Sepanjang 18 kilometer pantai dan tujuh desa kembali tercemar oleh minyak hitam.

"Kami menerima laporan dari nelayan setempat jika minyak mentah kembali muncul dari laut. Situasi di pesisir dalam penanganan Pertamina," kata Kepala Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) setempat Hendro Subroto melalui telepon, Jumat (15/11/2019).

Pihak Pertamina Hulu Energi membenarkan insiden pencemaran itu. "Angin kencang dan hujan deras membawa sisa-sisa tumpahan ke daratan," kata VP Relations Pertamina Hulu Energi, Ifki Sukarya melalui telepon.

Ifki menuturkan, cuaca buruk terjadi di anjungan YYA pada Jumat dini hari (15/11). Dengan kecepatan 47 knot, angin membawa sisa spill dari platform YYA dan Rig Ensco 67 hingga ke pesisir.

"Kami pastikan, tim combat PHE ONWJ sudah melakukan pembersihan sejak hari ini dan dilanjutkan sampai beberapa hari ke depan," katanya.

Untuk menyelesaikan insiden itu, Ifki sudah mengerahkan 115 personel ke pesisir Karawang. "Kami memperkirakan pantai bisa bersih kembali pekan depan. Jumlah personel akan ditingkatkan sesuai kebutuhan," tuturnya.

Selain menurunkan personel untuk pembersihan pesisir, di laut Pertamina Hulu Energi ONWJ juga menurunkan tim offshore combat dibantu Tim SAR dari Taifib 1 Marinir untuk membantu dan memperbaiki konfigurasi oil boom yang formasinya berubah karena kondisi angin kencang dan ombak yang tinggi.

"Kami harap kondisi cuaca kondusif untuk melakukan upaya pembersihan ini, sembari kami maksimalkan resources yang kami miliki," pungkas Ifki.


Simak juga video "Menikmati Liburan di Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang" :

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com