detikNews
Jumat 15 November 2019, 09:12 WIB

Kolam Renang di Rumah Dinas Ridwan Kamil Bisa Dipakai Akhir Tahun

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kolam Renang di Rumah Dinas Ridwan Kamil Bisa Dipakai Akhir Tahun Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Gedung Pakuan yang puluhan tahun menjadi rumah dinas gubernur Jabar, kini fasilitasnya akan ditambah. Sebuah kolam renang untuk menjaga kebugaran gubernur Ridwan Kamil tengah dibangun. Selain itu taman dan kolam ikan yang sudah ada pun direvitalisasi yang total anggaran keseluruhannya Rp 4 miliar.

Pejabat pembuat komitmen, Husein Subagja mengatakan kolam renang tersebut nantinya memiliki lebar 4 meter, panjang 29 meter dengan kedalaman 1,25 meter. Lalu akan dilengkapi fasilitas gazebo, ruang bilas, toilet, dan kolam air panas untuk relaksasi.

Dia menjelaskan anggaran yang disiapkan untuk revitalisasi Gedung Pakuan ini Rp 4 miliar. Sementara khusus kolam renang diperkirakan menelan biaya Rp 1,5 miliar.

"(Biaya kolam renang) Rp 1,5 miliar termasuk toilet, instalasi air, gazebo, tempat bilas. Kayak kolam renang di hotel pada umumnya seperti itu. Ada air panas dan dingin," ungkap dia.

Sementara itu Perwakilan kontraktor Muhamad Djadjuli mengatakan nantinya terdapat kolam air dingin dan panas untuk relaksasi. "Fasilitasnya tuh nanti ada gazebo, ruang bilas, toilet, dan relaksasi (air panas)," kata Djuli kepada wartawan.

Ia menuturkan saat ini untuk pengerjaan kolam baru tahap pengecoran dasar. Pihaknya akan melakukan tes kebocoran sebelum dipasang keramik dan instalasi air.

"Tes kebocoran ini kita lakukan maksimal satu minggu. Untuk pengerjaan keramik, aksesoris dan pompa bisa minggu depan," ungkap dia.

Pihaknya mengejar target pengerjaan selesai tepat waktu yakni Desember 2019. Pengerjaan dibagi dia shift dengan jam kerja hingga pukul 22.00 WIB.

Pembangunan kolam renang ini mendapat sorotan anggota komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady. Menurutnya kesejahteraan masyarakat lebih penting ketimbang membangun kolam renang.

Ia menuturkan sejauh ini alasan yang muncul dari pembangunan kolam renang itu untuk fasilitas kebugaran Ridwan Kamil. Ia pun menyindir alasan tersebut.

"Saya enggak tau apakah itu buat gubernur berenang, tamu suka renang, nerima masyarakat yang mau berenang. Kedua, untuk kebugaran, mungkin (Ridwan Kamil) pulang kerja keringetan, mungkin harus renang biar segar," sindir politisi Gerindra ini.

Ia menilai anggaran Rp 1,5 miliar untuk pembangunan kolam renang tersebut seharusnya bisa dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Tapi kalau lihat kebutuhan misalnya buat rusun masyarakat berpenghasilan rendah, kok rasanya jauh lebih butuh dana dibanding buat kolam renang," ujar Daddy.



Revitalisasi Rumah Dinas Ridwan Kamil Rp 4 M, Ada Kolam Renangnya:

[Gambas:Video 20detik]




(mud/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com