detikNews
Kamis 14 November 2019, 16:48 WIB

Desain Kolam Renang Rumah Dinas Ridwan Kamil yang Ada untuk Relaksasi

Mukhlis Dinillah - detikNews
Desain Kolam Renang Rumah Dinas Ridwan Kamil yang Ada untuk Relaksasi Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Bandung - Sebuah kolam berenang untuk fasilitas olahraga Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan tengah dibangun. Kolam renang yang disebut seperti di hotel itu berada di halaman belakang rumah dinas.

Pembangunan kolam renang ini merupakan bagian dari revitalisasi Gedung Pakuan. Total nilai proyek mencapai Rp 4 miliar, meliputi penataan taman, kolam ikan, dan pembangunan kolam renang.

Berdasarkan pantauan detikcom, Kamis (14/11/2019), pengerjaan kolam renang masih berlangsung. Terlihat sejumlah petugas tengah mengerjakan sejumlah fasilitas penunjang, seperti gazebo, ruang bilas, dan toilet.

Kolam renang itu rencananya memiliki lebar 4 meter, panjang 29 meter, dan kedalaman 1,25 meter. Perwakilan kontraktor, Muhamad Djadjuli, mengatakan nantinya terdapat kolam air dingin dan panas untuk relaksasi.

"Fasilitasnya tuh nanti ada gazebo, ruang bilas, toilet, dan relaksasi (air panas)," kata Djuli kepada wartawan.




Desain Kolam Renang Rumah Dinas Ridwan Kamil yang Ada untuk RelaksasiFoto: Mukhlis Dinillah/detikcom

Ia menuturkan saat ini pengerjaan kolam baru tahap pengeboran dasar. Pihaknya akan melakukan tes kebocoran sebelum dipasang keramik dan instalasi air.

"Tes kebocoran ini kami lakukan maksimal satu minggu. Untuk pengerjaan keramik, aksesori, dan pompa bisa minggu depan," ungkap dia.

Menurutnya, kolam renang ini nantinya berdampingan dengan taman yang juga tengah dalam penataan. Di taman tersebut akan terdapat plaza dan panggung untuk menjamu tamu.

"Tapi nanti ada semacam guntingan untuk menghalangi pandangan dari taman ke kolam renang," ujar Djuli.


Desain Kolam Renang Rumah Dinas Ridwan Kamil yang Ada untuk RelaksasiFoto: Mukhlis Dinillah/detikcom


Sebelumnya, pejabat pembuat komitmen Pemprov Jabar Husein Subagja mengatakan biaya pembangunan kolam renang beserta fasilitas penunjangnya mencapai Rp 1,5 miliar. Ditargetkan selesai akhir tahun.

("Anggarannya) Rp 1,5 miliar, termasuk toilet, instalasi air, gazebo, tempat bilas. Kaya kolam renang di hotel pada umumnya seperti itu. Ada air panas dan dingin," kata Husein.
(mud/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com