Evaluasi Pilkada, PKB Akan Perjuangkan Gubernur Dipilih DPRD

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 12 Nov 2019 18:51 WIB
Jubir DPP PKB Syaiful Huda (Foto: dok. PKB)
Jubir DPP PKB Syaiful Huda (Foto: dok. PKB)

Pria yang juga Ketua Komisi X DPR ini mengusulkan mekanisme pilkada asimetris. Pelaksanaan pilkada asimetris adalah mekanisme yang memungkinkan pelaksanaan pilkada langsung maupun pilkada tak langsung di berbagai wilayah Indonesia sesuai dengan kondisi objektif masing-masing daerah.

"Pilkada asimetris ini menarik karena pelaksanaan pilkada sesuai dengan kondisi objektif masyarakat baik dari sisi tingkat pendidikan, tingkat kerawanan keamanan, maupun tingkat kedewasaan politik pemilih di wilayah masing-masing," katanya.

Opsi kedua, kata Huda, adalah pemilihan tidak langsung di tingkat provinsi dan pemilihan langsung di tingkat kabupaten/kota.

Opsi itu didasari atas pemikiran bahwa gubernur merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat sehingga pemilihannya cukup melalui DPRD. Sedangkan bupati/wali kota, yang sehari-hari menghadapi masyarakat untuk memecahkan berbagai persoalan kependudukan secara bersama-sama, harus dilakukan secara langsung. Sebab, kepala daerah yang terpilih adalah representasi kepentingan warga.

"PKB sendiri lebih cenderung setuju dan akan memperjuangkan opsi kedua ini," katanya.

Halaman

(mud/tro)